Begini Penjelasan JIPS Soal Baksos Ramadhan 1443 Hijriah Berlatar ucapan ‘Selamat Paskah’

MANADO, mejahijau.com – Dilansir dari sejumlah media adanya agenda rutin para pemburu berita di kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) setiap tahun memasuki bulan Suci Ramadhan menggelar Bakti Sosial (Baksos) ke panti-panti asuhan.

Para jurnalis yang tergabung dalam wadah bernama JIPS (Jurnalis Independent Pemprov Sulut), kembali tahun 2022 ini menggelar baksos di bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw sendiri mengapresiasi baksos yang dilaksanakan para wartawan.

“Pemerintah memberikan penghargaan yang tinggi, karena di tengah keterbatasan, mereka (JIPS) boleh berbagi berkat kepada sesama,” ungkap Wagub Kandouw saat melepas tim Baksos JIPS Ramadan 1443 Hijriah, Rabu, 20 April 2022 pagi, di lobi utama kantor Gubernur Sulut.

Lanjut Wagub Kandouw, hal-hal baik seperti inilah yang merawat kerukunan sehingga di Sulut tetap terjaga.

“Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang dapat ditiru oleh siapa saja untuk tetap saling berbagi dengan sesama. Terima kasih untuk JIPS,” tandas Wagub Steven Kandouw.

Di sela-sela kegiatan, Ketua Panitia Baksos JIPS Ramadhan tahun 2022, Jemsy Tuju bersama Sekretaris Panitia Zulkifly Pinontoan mengatakan, baksos kembali dilaksanakan untuk memaknai Bulan Suci Ramadhan.

“Kami, seluruh wartawan yang tergabung dalam JIPS, meneruskan tradisi yang sudah terbentuk bertahun-tahun sejak JIPS terbentuk,” ujar Jemsy diiyahkan Zulkifly.

Sementara Koordinator JIPS, Donny Aray dari Kompas TV menjelaskan, baksos Ramadhan juga dilakukan setiap kali menghadapi hari Natal umat kristiani.

“Sudah menjadi tradisi dalam kepanitiaan dimana semua anggota JIPS ikut terlibat. Kalau Baksos Ramadhan kepanitiaannya diketuai oleh anggota JIPS beragama Kristen.

Begitu juga sebaliknya, kalau baksos dalam rangka Natal, maka ketua panitia yang ditunjuk berasal dari teman-teman muslim,” ungkap Aray.

Baksos JIPS dilaksanakan dengan menyalurkan bantuan di tiga titik panti asuhan baik yang dikelola oleh yayasan agama Islam maupun Kristen.
“Bantuan berasal dari spontanitas seluruh anggota JIPS, dan ada juga bantuan-bantuan dari beberapa kepala perangkat daerah yang digalang oleh JIPS,” jelasnya.

Rangkaian acara baksos Ramadhan kali ini antaranya penyerahan bantuan di tiga panti asuhan, kemudian dilanjutkan pembagian takjil di Pasar 45 Kota Manado, dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Hajatan JIPS bertemakan, “berbagi berkah bersama anak yatim serta buka puasa bersama di bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah” ini, melibatkan seluruh personil JIPS beragama muslim dan kristen.

Menariknya, pelepasan tim baksos Ramadhan JIPS di lobi utama kantor Gubernur Sulut oleh Wagub Steven Kandouw, latar belakangnya tampak ada baliho ucapan Selamat Paskah.

Menurut salah satu wartawan pos Pemprov Sulut, itulah cerminan keberagaman yang ada di daerah ini.
Dan soal itu dijelaskan benderang oleh petinggi JIPS.

“Itu tidak masalah. Hanya kebetulan saja, apalagi sekarang kan masih suasana Paskah. Dan kebetulan saja baliho ucapan Selamat Paskah itu belum sempat dicabut oleh Pemprov Sulut,” jelas Koordinator JIPS Donny Aray, saat dicegat pintu masuk sayap kiri gedung putih Kantor Gubernur Sulut.(*/vanny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *