Sekda Berperan Penting Selaraskan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

MANADO, mejahijau.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME menghadiri kegiatan Rapat Forum Sekretaris Daerah (Sekda) se-Sulawesi Utara di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis, 17 Maret 2022.

Rapat Forum Sekda se-Sulut dibuka resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs  Steven Octavianus Estefanus Kandouw.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Steven OE Kandouw menegaskan, para Sekda di kabupaten-kota senantiasa mengingatkan Kepala Daerah dengan Wakil Kepala Daerah untuk tetap konsisten menjalankan tugas bersama-sama.

Semua patut dilaksanakan sesuai prinsip-prinsip keselarasan dengan target nasional.

“Jadi, tugas Sekda harus mengingatkan Kepala Daerah jangan sampai tidak selaras dalam menjalankan tugas bersama sesuai dengan capaian target nasional,” tegas Kandouw.

Lanjut dikatakan, belum lagi soal hubungan horizontal antara eksekutif dengan legislative dimana seorang Sekretaris Daerah harus mampu menjembataninya.

“Tugas Sekda Kabupaten-Kota harus objektif dan harus rasional termasuk soal hubungan antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dimana Sekda harus mampu memberi pencerahan-pencerahan,” katanya.

Wagub Kandouw juga mengingatkan para Sekda memperhatikan penanggulangan stunting yang menjadi masalah internasional, dan tentang global warming, serta energi terbarukan.

“Selain itu penanggulangan-penanggulangan yang sifatnya tematik terhadap Covid-19. Hal-hal ini harus dibicarakan, kalau jumlah vaksinatornya kurang, nanti ditambah asalkan harus ada koordinasi,” ucapnya.

Dalam rapat Forum Sekda se Sulut, para Sekda kabupaten-kota dibekali materi oleh narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) DR Drs Agus Fathoni MSi, Rektor Universitas Delasalle Prof Johanis Ohoitimur, dan Robby Mamuaja Mantan Sekda Provinsi Sulut.

Kegiatan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Asiano G Kawatu SE MSi dan para Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Sulut.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *