oleh

Olly Dondokambey ‘Ditunjuk’ Kepala Badan Otorita IKN Nusantara

MANADO, mejahijau.com – Presiden Joko Widodo baru-baru ini berkunjung ke Kota Manado dalam agenda peresmian pengoperasian jalan Tol Manado-Bitung.

Di sela-sela peresmian tol Manado-Bitung yang telah menyedot anggaran senilai Rp 4,95 triliun, kabarnya Jokowi ‘membisik’ kesediaan Gubernur Olly Dondokambey untuk menjabat Kepala Badan Otorita IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

“Kunjungan Jokowi selain meresmikan Tol Manado-Bitung, saya dapat bocoran juga membawa kabar kalau Gubernur Olly Dondokambey bakal ditunjuk menjabat Kepala Badan Otorita IKN Nusantara,” ungkap Ketua Inakor Sulut, Rolly Wenas, Jumat, 04 Maret 2021.

Soal kelayakan Gubernur Olly memimpin Otorita IKN, menurut Rolly, bahwa suami Ritta Tamuntuan itu justru sangat layak memimpin otorita IKN. Dan itu terlihat dari keberhasilan-keberhasilannya membangun Sulawesi Utara (Sulut).

Aktivis antikorupsi ini merunut apa-apa saja yang sudah ditelorkan Gubernur Olly bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw selama dua periode memimpin Sulut.

“Saya nilai sangat pantas Olly Dondokambey ditunjuk memimpin otorita ibu kota negara (IKN). Lihat saja bukti-bukti nyata di daerah, antara lain jalan Jembatan Soekarno, jalan Tol Manado-Bitung, Waduk Kuwil, Waduk Lolak, perluasan landasan pacu Bandara Sam Ratulangi, MORR III, serta infrastruktur lain di daerah ini. Semua mendapat perhatian serius dari Gubernur Olly Dondokambey karena sinerjitas dengan Presiden Jokowi,” ungkap Rolly Wenas.

Soal siapa bakal memimpin otorita IKN, menurut Rolly, pihaknya mendapat selentingan bocoran dari sumber terpercaya bahwa Gubernur Olly Dondokambey masuk dalam radar incaran istana negara.

Jika Gubernur Olly ditunjuk Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, maka pelantikannya akan dilakukan di Istana Negara pada akhir bulan Maret 2022 ini.

Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Wandy Tuturoong, kemungkinan besar Kepala Badan Otorita IKN yang dipilih akan diumumkan tanggal 18 Maret 2022.

Hal tersebut merujuk kepada penandatanganan Undang-undang (UU IKN) pada 18 Februari 2022 oleh Presiden Joko Widodo.

“Kalau berdasarkan jadwal, yaa bulan Maret ini. Mestinya sekitar tanggal 18-an,” ujar Wandy seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu, 2 Februari 2022.

Siapa sosok ideal yang bakal ditunjuk Jokowi, moyang keturunan kawanua ini masih enggan membebernya ke publik. Namun ia menyebut, bisa saja sosok yang terpilih bukan dari nama-nama yang selama ini sudah beredar luas.

Seperti diketahui, sebelum nama Olly Dondokambey mencuat, sejumlah nama beredar masuk dalam radar incaran istana negara. Mereka-mereka antaranya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat, Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Bambang Brodjonegoro (Ex Kepala Bappenas), Tumiyana (Dirut PT Wijaya Karya), serta beberapa nama lainnya.

Siapa yang bakal memimpin otoritas IKN Nusantara, Presiden Jokowi sepertinya akan membuat kejutan. Jokowi diyakini akan mengumumkan nama Kepala Badan Otorita IKN pilihannya pada saat-saat akhir menjelang pelantikan.

Secara institusional, pemerintahan berbentuk Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dipimpin oleh Kepala Otorita dibantu Wakil Kepala Otorita.

Penunjukan dan pemberhentian Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita dilakukan langsung presiden setelah berkonsultasi dengan DPR-RI.(tim redaksi)