oleh

Lurah Bailang ‘Mabuk Berat’, Camat Bunaken Sebut Bakal Dikenai Sanksi

MANADO, mejahijau.com – Terkait berita Lurah Bailang Aldo Kanon Erikson Sumerah yang kedapatan mabuk berat hingga jadi tontonan warga ditanggapi pemerintah Kecamatan Bunaken.

Lurah Bailang ‘Mabuk Berat’, menurut Camat Bunaken bakal dikenai sanksi. Pernyataan resmi disampaikan langsung Camat Bunaken Drs Boyke Pandean kepada redaksi mejahijau.com, Kamis, 17 Maret 2022.

Pernyataan dimaksud terkait sanksi yang mengacu aturan displin ASN melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021.

“Sebagai atasan, mengacu PP Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS pada pasal 3 ada kewajiban PNS. Salah satunya menunjukan integritas dan keteladanan dalam bersikap prilaku baik dalam dinas maupun di luar dinas,” ungkap Camat Boyke Pandean.

Soal prilaku Lurah Bailang yang diduga kuat mabuk miras hingga tak sadarkan diri yang menjadi tontonan warga, Camat Boy sapan akrabnya menyebut kalau bersangkutan bakal diberikan ganjaran sesuai aturan.

“Tetapi intinya akan diberi pembinaan dan hukuman disiplin kepada yang bersangkutan,” tegasnya.

Lucunya ‘kelakukan’ yang berpotensi merusak wibawa Walikota Andrei Angouw dan Wakil Richard Sualang itu, Camat Boy Pandean mengisyaratkan ganjaran ringan yang akan diberikan kepada anakbuahnya.

Artinya Lurah Bailang hanya akan dikenai sanksi tak sebagaimana berat namun sesuai aturan.

“Hanya berupa teguran lisan, dan mudah-mudahan beliau (Lurah Bailang) berubah,” terang Camat Boyke Pandean.

Berita mencuat kala lelaki yang awalnya mirip Lurah Bailang menjadi tontonan warga karena mabuk berat. Kejadian terjadi di salah satu rumah duka di depan Gereja Pantekosta Anthiokia Keluahan Bailang, Rabu malam, 16 Maret 2022.

Oknum tampaknya sudah menenggak minuman keras (Miras) secara berlebihan. Pelak saja Lurah Bailang ini tampak sempoyongan. Ia terhuyung-huyung ke kiri dan ke kanan tak mampu dikuasai dirinya.

Terakhir oknum Lurah Bailang terhempas di jejeran kursi plastik warna biru. Kejadian yang terlanjur menjadi tontonan segenap warga itu, oknum Lurah Bailang dalam pengawalan setia seorang Pala atau Ketua Lingkungan 1 inisial JK alias Juliand.

Pala Lingkungan 1 Bailang ini ketika dikonfirmasi membenarkan kalau lelaki tersebut Aldo Kanon Erikson Sumerah yang menjabat Lurah Bailang.

“Dari rumah duka saya antar pak Lurah pulang ke rumahnya di Pasar Bobo,” katanya. Dan jarak dari rumah duka sampai ke rumah Lurah Aldo di Pasar Bobo Bailang, kurang lebih hanya sekira 100 meter saja.

Seperti diketahui, Aldo dilantik menjadi Lurah Bailang menggantikan Raymon Rawung SP MSi pada Jumat, 4 Februari 2022 lalu.

Aldo Kanon Erikson Sumerah diambil sumpah dan janji menjadi Lurah Bailang oleh Wakil Walikota Manado Richard Sualang di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado.

Atas kejadian tersebut, Aldo Kanon Erikson Sumerah oknum Lurah Bailang dikonfirmasi redaksi mejahijau.com, Kamis, 17 Maret 2022 mengatakan, silahkan konfirmasi lagi 1 sampai 2 jam kemudian.(vanny)