Ketua LPM Tomohon Isyaratkan Pengawalan Ketat Hasil Musrenbang 5 Kecamatan

TOMOHON, mejahijau.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 sukses digelar di- 5 Kecamatan di Kota Tomohon, Selasa 8 Maret 2022.

Terpantau, usulan-usulan bentuk aspirasi masyarakat di 5 wilayah Kecamatan yakni Tomohon Utara, Tomohon Barat, Tomohon Tengah, Tomohon Timur dan Tomohon Selatan telah terakomodir.

Bahkan, untuk finalisasi program rencana pembangunan 2023 akan dirampungkan dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Kota yang dihadiri para stakeholder, perutusan kecamatan dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

“Memang harus diakui, berbagai masukan dan usulan konkrit terkait program pembangunan tahun 2023 yang diangkat oleh perutusan warga setiap kelurahan dari 5 wilayah Kecamatan sangat variatif. Termasuk prosentase kebutuhan dukungan infrastruktur di wilayah masing – masing,” tegas Ketua Dewan Pimpinan Daerah LPM Kota Tomohon, Eny Maria Polii SH dihadapan sejumlah Wartawan usai mengikuti kegiatan Musrenbang di 5 wilayah Kecamatan.

Menurut sosok Srikandi Pemberdayaan ini, semua aspirasi warga patut mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Tomohon dibawa kendali Walikota Caroll Joram Azarias Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE.

“Semua usulan yang berkembang telah sesuai dengan point – point penting dari 20 Program Unggulan dan Visi Misi CSWL,” tandasnya sembari menambahkan, dirinya akan mengawal aspirasi masyarakat ini sampai ke Musrenbang tingkat Kota dan Provinsi Sulut.

Rencana pembangunan tahun 2023 mendatang, lanjut Polii, tetap mengacu pada skala prioritas RKPD Pemerintah Kota Tomohon sesuai kemampuan keuangan daerah, baik dalam aspek Pemerintahan, Ekonomi Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan.

Ada skala prioritas program pembangunan pada setiap Tahun Anggaran (TA) yang terus direalisasikan oleh Pemerintah Kota Tomohon guna progres kemajuan pembangunan dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Namun untuk menyentuh pengembangan dan pemberdayaan masyarakat kedepan, maka perlu adanya pemerataan pembangunan hingga menjangkau sampai ke pelosok 44 Kelurahan di 5 wilayah kecamatan se Kota Tomohon,” pungkasnya.

Sebelumnya konsultasi publik RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2023 yang digelar di Command Center Mall Pelayanan Publik Tomohon secara virtual, Kamis, 24 Februari 2022 lalu menjawab isu-isu strategis, dan mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023 mendatang.

Konsultasi publik yang diikuti Walikota Caroll JA Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE menjadi pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan, dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon.

Menurut Caroll, RKPD mempunyai kedudukan strategis untuk menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan serta penganggaran tahunan.

“Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu, dan penyusunannya tanggap terhadap perubahan,” ujarnya.

Sebelumnya Musrenbang tingkat kelurahan dengan pendekatan bottom-up telah dilaksanakan pada tanggal 17-28 Januari 2022.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *