Bambang dan Dhony Resmi Pimpin Otorita IKN Nusantara

JAKARTA, mejahijau.com – Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibukota Negara (IKN) Nusantara periode 2022-2027.

Dilantiknya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Iukota Negara Nusantara, sontak memupus nama-nama, seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Ridwan Khamil, Olly Dondokambey, serta sederet nama lainnya.

Bambang Susantono akan memimpin pembangunan IKN bersama dengan Wakil Kepala IKN Nusantara, Dhony Rahajoe. Keduanya mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Maret 2022.

“Pada hari ini kami memulai satu kerja baru, membangun kota yang inklusif, kota yang hijau, kota yang cerdas, dan kota yang berkelanjutan,” kata Bambang Susantono usai dilantik Presiden Jokowi.

Ia pun mengaku akan langsung bergerak cepat dengan berkoordinasi bersama Kementerian/Lembaga terkait untuk segera mengeksekusi perintah Presiden Jokowi untuk membangun IKN di Kalimantan Timur.

“Kami akan menghubungi pihak-pihak, K/L terkait yang selama ini sudah mempersiapkan konsep-konsepnya, salah satunya dengan Bappenas yang sudah sejak 2017 melakukan studi dan K/L lain yang akan meneruskan pembangunan, misalkan PUPR,” tegasnya.

Bersama Dhony, ia berharap masyarakat turut mendukung kepemimpinannya dalam membangun IKN.

“Kami mohon dukungan lapisan masyarakat untuk sama-sama membangun Kota Nusantara,” tandasnya.

Sebelumnya beredar spekulasi kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kota Manado baru-baru ini selain untuk peresmian pengoperasian jalan Tol Manado-Bitung juga membisik kesediaan Olly Dondokambey menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara.

Sinyalemen Olly Bakal dipercayakan sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara diungkapkan Ketua LSM Inakor Sulut, Rolly Wenas kepada redaksi mejahijau.com.

Hanya saja, dengan dilantiknya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe Wakil Kepala telah memupus spekulasi kans Gubernur Olly Dondokambey.

Bambang Susantono terbilang sangat memahami bidang infrastruktur. Ia juga sarat pengalaman di pemerintahan, sepertinya menjadi dasar Presiden Jokowi menunjuknya sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara.

Bambang sendiri pernah memperoleh jabatan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia pernah menduduki jabatan Wakil Menteri Perhubungan pada tahun 2009 silam.

Sebelumnya, ia pernah menduduki posisi Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah.

Pada tahun 2012, Bambang Susantono pernah menjadi Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk, dan pernah menjadi Presiden Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia).

Pria kelahiran 4 November 1963 ini lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1987. Kemudian ia mendapat gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California tahun 1996.

Sementara track-record Dhony Rahajoe yang menjabat Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, merupakan petinggi di Perusahaan Sinar Mas Land.

Keduanya akan bertanggungjawab memimpin proses pemindahan dan pembangunan di ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Sosok Dhony Rahajoe ternyata bukan sosok sembarangan. Ia berada di jajaran penting di Perusahaan Sinar Mas Land dengan jabatan Managing Director President Office. Sinar Mas Land di Indonesia telah mengembangkan lebih dari 50 proyek besar.(tim redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *