TOMOHON, mejahijau.com – Varietas bunga Krisan Tomohon kini menjadi salah satu komoditi unggulan standar ekspor. Selain memiliki nilai estetika dan nilai ekonomis yang tinggi, bunga Krisan Tomohon kini menjadi incaran para investor asing.

Hal ini terungkap saat kunjungan koordinasi Tim Puslitbang Hortikutura dari Kementrian Pertanian di Kota Tomohon.

Kehadiran Tim Puslitbang Kementerian Pertanian RI disambut langsung Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH di kediaman di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kamis, 3 Februari 2022.

Tim Puslitbang yang dipimpin Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Kementrian Pertanian DR Ir Muhammad Thamrin MSi bersama Tim didampingi Kepala BPTP Sulut DR Ir Ismail Maskromo MSi.

“Tujuan digelar pertemuan ini adalah untuk melakukan evaluasi, diskusi dan koordinasi lebih lanjut terkait rencana ekspor bunga krisan dari kota Tomohon, dan melakukan pembahasan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kota Tomohon terkait hal tersebut,” tegas Thamrin.

Lanjut dikatakan, maksud dan tujuan kunjungan koordinasi tersebut adalah dalam rangka pengembangan agribisnis Bunga Krisan Tomohon menuju eksport dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan FGD Krisan tanggal 18 Oktober 2021, dan Workshop serta Temu Lapang tanggal 3 Desember 2021 lalu di Kota Tomohon.

Sementara Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Tim Puslitbang Hortikultura Kementerian Pertanian RI, kiranya semua yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.

“Oeh sebab itu, semua harus dipersiapkan dengan baik berdasarkan road-map dari benih sampai produksi, pembeli, eksportir serta negara tujuan,” kata Caroll.

Menurutnya, perlu juga diperhatikan dalam rencana ekspor yakni kualitas dan kontinuitas sehingga tim harus lebih fokus agar rencana dapat direalisasikan dan tidak hanya sampai pada pembahasan-pembahasan.

“Sungguh luar biasa apabila ekspor bunga Krisan ini dapat berhasil, tentunya ini akan berdampak positif untuk perkembangan dan kemajuan Kota Tomohon,” kata Caroll.

Hadir dalam kesempatan ini, Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *