oleh

Presiden Jokowi Rinci Manfaat Tol Manado-Bitung

BITUNG, mejahijau.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat, 25 Februari 2021.
Peresmian kali ini seksi terakhir sepanjang 39,8 kilometer, digelar di Gerbang Tol Bitung, Kecamatan Maesa, Kota Bitung.
“Dengan demikian, seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” ucap Presiden Jokowi saat peresmian.
Lanjut dikatakan, kehadiran jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Manado ke Bitung menjadi sekitar 30 menit dari yang sebelumnya 1,5 sampai 2 jam perjalanan.
Presiden Jokowi juga menuturkan, kehadiran tol Manado-Bitung dapat meningkatkan efisiensi waktu pengiriman logistik dari Pelabuhan Bitung ke Kota Manado dan sekitarnya.
Infrastruktur ini, lanjut Jokowi, juga dapat membantu akses menuju ke lokasi wisata di Likupang, Tondano, dan Bitung.
“Jalan tol ini mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung, dan nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang, apabila Likupang sudah selesai semuanya,” ucap Kepala Negara RI.
Kondisi ini, mempermudah akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, sehingga diharapkan dapat menarik investor dan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.
“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Dan kita harapkan, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021, di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” ungkap Presiden Jokowi.
Turut mendampingi Presiden antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Walikota Manado Andrei Angouw, dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. (*/tim redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed