Pembangunan Tomohon 2023 Dominan Pengerjaan Infrastruktur Pariwisata

TOMOHON, mejahijau.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE mengikuti konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 bertempat di Command Center Mall Pelayanan Publik Tomohon secara virtual, Kamis, 24 Februari 2022.

Membuka resmi kegiatan tersebut, Walikota Caroll menegaskan, penyelenggaraan konsultasi publik adalah momen sangat strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan untuk menjawab isu-isu strategis, dan mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023.

“Rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan, dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon,” terang Walikota Caroll.

Menurutnya, RKPD mempunyai kedudukan strategis untuk menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

“Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu, dan penyusunannya tanggap terhadap perubahan,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, pemerintah daerah diwajibkan menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah yang responsif, efektif, akuntabel, dan berkelanjutan.

“Sehingga pada periode terakhir RPJPD Kota Tomohon tahun 2020-2025 ini, saya harapkan seluruh wilayah Kota Tomohon dapat berkembang menjadi lebih baik lagi,” tukas Caroll sembari menjelaskan, bahwa RPJPD dilaksanakan empat tahapan, dimana masing- masing tahapan telah memuat rumusan indikatif arahan prioritas kebijakan.

Sebelumnya telah dilaksanakan tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan atau pendekatan secara bottom up yang dilaksanakan pada tanggal 17-28 Januari 2022. Termasuk e-pokir atau pokok-pokok pikiran DPRD yang juga sudah di input dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah.

Pada tahapan periode RPJMD ini, tentu telah ditetapkan Visi dan Misi serta program prioritas pembangunan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 4 tahun 2021 tentang RPJMD Kota Tomohon tahun 2021- 2026.

Adapun Visi yaitu “Tomohon maju, berdaya saing, dan sejahtera”, dan untuk Misi-nya yaitu;

– Menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius,

– Peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor,

– Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia,

– Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan,

– Mewujudkan pelayanan pemerintah yang bersih, efektif dan berintegritas.

Sementara, rancangan tema pembangunan daerah Kota Tomohon yang dirumuskan pada rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023, berpedoman pada RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026, yakni “Peningkatan pembangunan infrastruktur berbasis pariwisata yang berwawasan lingkungan dan kualitas SDM serta pemulihan ekonomi, dengan program prioritas pembangunan sebagai berikut:

– Penguatan pilar pertumbuhan dan daya saing ekonomi,

– Pembangunan infrastruktur dan konektivitas,

– Peningkatan kesehatan masyarakat dan kualitas SDM,

– Mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran,

– Meningkatkan pengelolaan pertanian dan ketahanan pangan,

– Penguatan kewirausahaan, umkm,ikm, dan koperasi,

– Pengarusutamaan penanggulangan bencana dan adaptasi perubahan iklim,

– Peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif,

– Peningkatan kualitas tata kelola dan pelayanan publik,

– Peningkatan tomohon smart city.

Kesempatan ini, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE juga memberikan materi tentang Isu Strategis Pembangunan Kota Tomohon, disusul Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME dengan materi tentang Rancangan Awal RKPD Kota Tomohon tahun 2023.

Konsultasi Publik ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh AMKL, Kepala BAPPEDA Provinsi Sulawesi Utara diwakili oleh Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Fransisca Kaeng SP MSi, Jajaran pemerintahan Kota Tomohon, dan para Kepala Perangkat Daerah, serta undangan lainnya.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *