oleh

Wenny Lumentut ‘Warning’ Pejabat yang Dilantik

TOMOHON, mejahijau.com – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE melantik dan mengambil sumpah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Rabu, 12 Januari 2022.

Sambutan Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH dibacakan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE menyebut, aparatur pemerintah memegang peran penting dalam penyelenggaraan proses pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan.

“Kemajuan Kota Tomohon kini dan masa yang akan datang sangat tergantung pada aparatur pemerintah bersama-sama seluruh komponen masyarakat menyikapi berbagai kebijakan, program, serta dinamika dan kompleksitas permasalahan yang terjadi saat ini,” papar WL sapaan singkatnya.

Lanjut dikatakan, menyikapi hal itu dibutuhkan aparatur yang profesional, loyal, berdedikasi, berdisiplin, taat aturan, berwawasan luas, memiliki kompetensi, serta mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang secara dinamis.

“Untuk menata birokrasi ke arah yang lebih baik, ditempatkan pejabat sesuai dengan keahlian, kemampuan dan kompetensi yang dimiliki dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance  dan clean government) selaras dengan dicanangkannya tahun 2022 sebagai tahun kinerja, disiplin, dan pengembangan kompetensi,” terang Wakil Walikota Lumentut.

“Pada hari ini saya melantik dan mengambil sumpah/janji sebagian pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. Tentunya saudara-saudara yang baru saja dilantik, diharapkan menunjukkan kinerja, prestasi dan disiplin kerja yang maksimal,” ucapnya.

Lanjut dikatakan, bahwa jabatan yang diemban merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Artinya, saudara-saudara harus mampu mempertanggungjawabkan melalui pelaksanaan tugas yang berorientasi pada pencapaian output maupun outcome sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai,” katanya.

“Perlu saya tegaskan bahwa reward akan diberikan kepada aparatur yang mampu menunjukkan totalitas dalam kinerja serta prestasi kerja yang tinggi. Sebaliknya, punishment akan diberlakukan kepada mereka yang tidak mampu menunjukkan kinerja yang baik,” ungkap mantan Pimpinan DPRD Sulut ini.

Ia menambahkan, salah satu bentuk reward yang telah disiapkan adalah dengan memberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) berbasis kinerja yang telah diterapkan mulai bulan Januari tahun 2022 ini.

Seperti dijelaskan, TPP berbasis kinerja adalah tunjangan yang diberikan berdasarkan aspek disiplin dan kinerja PNS yang bersangkutan, tidak sama seperti TPP sebelumnya yang diterima hanya berdasarkan aspek disiplin.

“Hal ini berarti, setiap PNS dituntut tidak hanya hadir di tempat kerja tapi juga mampu berkinerja dengan baik di unit kerjanya masing-masing,” kata WL.

Bahkan dalam melaksanakan tugas, para ASN akan diperhadapkan dengan berbagai kompleksitas permasalahan sesuai bidang tugas masing-masing.

“Tetapi saya yakin kemampuan yang dimiliki oleh saudara-saudara, setiap permasalahan tersebut dapat dicarikan solusinya,” ungkap WL.

Tugas-tugas yang dilaksanakan harus sesuai koridor hukum sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Sasaran utama yaitu terwujudnya pelayanan prima bagi masyarakat kota Tomohon dapat tercapai.

Turut hadir pada hajatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs ODS Mandagi MAP, Kepala BKPSDM Kota Tomohon Josias Makalew SPt, Rohaniwan serta para pejabat yang baru dilantik.

NAMA-NAMA PEJABAT YANG DILANTIK:

PEJABAT ESELON III:

  1. Erny M Timbuleng SH – Sekretaris Dinas Perindag dari jabatan lama Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakot Tomohon.
  2. Royke M Tangkawarouw dilantik sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakot Tomohon dari jabatan lama Kabag Organisasi dan Tata Laksana.
  3. Harny Belly Korompis dilantik sebagai Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon dari jabatan lama Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakot Tomohon.
  4. Paula Verra Pontoh dilantik sebagai Kepala Bagian Organisasi Setdakot Tomohon dari jabatan lama Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Penilaian Kinerja Aparatur BKPSDM Daerah Kota Tomohon.
  5. Stevy Pijoh dilantik sebagai Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakot Tomohon dari jabatan lama Pelaksana pada BPBD Tomohon.
  6. Harriet Rumagit Marzan, SE dilantik sebagai Kepala Bagian Administrasi pada Sekretaris Daerah Kota Tomohon dari jabatan lama Kabid Pembinaan dan Akuisisi dan Pengelolaan Dokumen dan Penyimpanan Arsip.

PEJABAT ESELON IV:

  1. Siska Desti Mangundap Amd Kep dilantik sebagai Lurah Kinilow Satu, dari jabatan lama Pelaksana pada Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon.
  2. Marthen Simon Pangemanan dilantik sebagai Lurah Kamasi dari jabatan lama Pelaksana pada Kecamatan Tomohon Tengah.
  3. Audi Pangemanan dilantik sebagai Lurah Kumelembuai dari jabatan lama Pelaksana pada Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon.

4. Janly Winda dilantik sebagai Lurah Paslaten Dua dari jabatan lama Pelaksana pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota.(*jopa)