oleh

Pemkab Mitra Gemilang, Reputasi Monitoring AntiKorupsi Tertinggi se Indonesia

RATAHAN, mejahijau.com – Hasil Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) tahun 2021 menempatkan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada posisi tertinggi di Indonesia dengan indeks 96,23 poin.

Daerah yang dipimpin Bupati James Sumendap ini menempati posisi teratas di antara 532 kabupaten/kota dan 34 provinsi se Indonesia.

Pencapaian ini pantaslah membuat lega hati Bupati James Sumendap SH yang memimpin 10 tahun daerah yang baru mandiri dan otonom pada 23 Mei 2007 silam.

Kenapa tidak, Kabupaten Mitra menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang berada di puncak daftar MCP 2021 di Indonesia.

Capaian yang membanggakan ini merupakan prestasi luar biasa bagi daerah yang baru berusia 14 tahun.

Baca juga:  Desa Ini Terbanyak Penerima BLT di Kecamatan Langowan Barat

Dan itu menjadi bukti ternyata di balik sikap tegas James Sumendap SH terselip niat baik untuk meraih presstasi. Dan semua kebijakan terkait pencegahan korupsi berhasil diejawantahkan seluruh SKPD lingkup Pemkab Mitra.

Prestasi ini pun selaras dengan slogan Kabupaten Mitra, yakni “Minahasa Tenggara Membangun Reputasi dan Berprestasi” yang digaungkan James Sumendap.

“Itu baru namanya “Membangun Reputasi dan Prestasi”. Semua itu tak lepas dari komitmen kuat Pak Bupati James Sumendap dalam memberantas korupsi,” ungkap Sekretaris Daerah Pemkab Mitra, David Lalandos kepada wartawan, Sabtu, 08 Desember 2022.

Meski demikian, kata Lalandos, indeks penilaian MCP KPK tahun 2021 ini belum final karena masih bisa berubah.

Baca juga:  Gugatan Pilhut, Tim Hukum Pemkab Mitra Tak Berkutik

Sebab penilaian MCP hingga saat ini belum ditutup dan masih akan berlangsung hingga 14 Januari 2022 atau kurang lebih seminggu lagi.

“Kita berupaya maksimal tingkatkan poin MCP. Mudah-mudahan indeksnya dapat bertambah,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Mitra saat ini berada di posisi teratas, diikuti Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Demak, masing-masing memiliki indeks yang sama, yakni 95,93.

Prestasi capaian di atas 90 persen itu merupakan komitmen kuat bupati Mitra mendorong pemberantasan korupsi selama dua tahun berturut-turut.

Sedangkan capaian 96,23 poin saat ini, itu sudah melampaui proyeksi MCP yang ditetapkan sebelumnya, yakni 95 poin.(*tim redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed