oleh

‘Disepelekan’ Gubernur Olly Dondokambey, Kunker Komisi IX DPR-RI Berantakan

MANADO, mejahijau.com – Merasa diabaikan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, kegiatan kunjungan kerja spesifik Komisi IX DPRRI amburadul jadinya.

Olly dan Steven terkesan tak ambil pusing atas kehadiran Komisi IX DPR RI ke Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Selasa, 09 November 2021, lalu.

Bersama-sama keduanya memilih hadir pada Katekisasi Calon Pelayan Khusus Periode 2022-2026 GMIM Rayon Minahasa Utara dan Bitung ketimbang menghadiri rapat kunker dengan Komisi IX DPR-RI.

Padahal kunjungan kerja (Kunker) spesifik Komisi IX DPR RI dalam rangka pengawasan kesiapan dan dukungan pemerintah daerah dalam menerapkan instruksi presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Memiriskan rapat Kunker spesifik Komisi IX DPR RI di lantai II ruang FJ Tumbelaka kantor Gubernur Sulut diwarnai aksi walk-out para politisi dari Senayan Jakarta.

Dewi Asmara SH MH selaku ketua tim yang memimpin rapat, secara santun menyampaikan kekesalan atas ketidak-hadiran Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven OE Kandouw.

Baca juga:  Mantan Menteri Edhy Prabowo Divonis Lima Tahun Penjara

Dewi tampak tergesa-gesa memimpin rapat, dan tampak secepat-cepatnya dia langsung menutup rapat pertemuan tersebut.

“Kami bukan ingin dihormati, tapi sesama pejabat negara harus saling tahu ketentuan yang mendasari rapat ini. Jadi dalam setiap kunjungan resmi DPR RI, bukan sekadar kunjungan dan jalan-jalan. Tapi ini rapat resmi berdasarkan perundang-undangan,” ujar Dewi di Kantor Gubernur Sulut, Manado, kala itu.

Lanjut dia, rapat di daerah ini (Manado) nilainya sama dengan rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Sebab kehadiran Komisi IX DPR RI secara resmi menjalankan fungsi pengawasan.

Kedatangannya bersama rombongan, kata Dewi, tujuannya dalam rangkaian melihat dari dekat pelaksanaan undang-undang, keberhasilan pembangunan, atau kekurangan-kekurangan apa saja yang terjadi di daerah.

Rapat Komisi IX DPR RI itu, Pemprov Sulut hanya mengutus Denny Mangala, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut.

Baca juga:  James Sumendap Buka Rahasia untuk Lulus PNS 2018 di Pemkab Mitra

Ketidakhadiran Gubernur dan Wagub, kata Mangala, karena pada saat bersamaan Olly Dondokambey jadi pembicara utama pada acara Katekisasi Pelayan Khusus Gereja GMIM, sementara Wakil Gubernur Steven OE Kandouw sedang ada kegiatan di tempat lain.

Ditelusuri ternyata Gubernur Olly Dondokambey justru ada bersama-sama dengan Wagub Steven Kandouw menghadiri acara Katekisasi Tahap II Calon Pelayan Khusus (Pelsus) Terpilih Periode 2022-2026 GMIM Rayon Minahasa Utara dan Bitung.

Acara katekisasi Pelsus GMIM digelar di Aula Mapalus lantai 1, dan rapat kunker Komisi IX DPR RI di lantai 2 ruang FJ Tumbelaka di kantor beralamatkan Jalan 17 Agustus Nomor 69, Teling Atas, Kecamatan Wanea, Kota Manado.

Hingga berita ini dturunkan, redaksi mejahijau.com belum memperoleh klarifikasi resmi dari Pemprov Sulut.(*tim redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed