Ekspor Pertanian Tertinggi, Gubernur Olly Terima Penghargaan Abdi Tani 2021

JAKARTA, mejahijau.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menerima Penghargaan Abdi Tani 2021. Penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin kepada Gubernur Olly Dondokambey di Istana Wapres, Jakarta, Senin, 13 September 2021.

Penghargaan Abdi Tani terdiri dari 2 (dua) kategori, yakni Kategori Daerah dengan Produksi Beras Tertinggi dan Kategori Daerah dengan Ekspor Pertanian Tertinggi.

Masing-masing kategori kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pertanian RI itu terdiri dari lima provinsi dan lima kabupaten-kota.

Dari 34 Provinsi, Sulut masuk daftar lima daerah dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi periode Januari 2020 – Juni 2021.

Sulut mendapatkan peringkat lima, dimana peringkat satu diraih Provinsi Jawa Tengah, kedua Provinsi Kalimantan Timur, ketiga Provinsi Jambi, keempat Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, penganugerahan penghargaan dilangsung dalam rangka Peringatan Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan kepada 237 juta rakyat Indonesia dan serta upaya ekspor komoditas pertanian.

Kesempatan tersebut Wapres Ma’aruf Amin mengapresiasi para kepala daerah penerima penghargaan atas kerja keras meningkatkan pembangunan pada sektor pertanian.

“Kiranya hal ini dapat menginspirasi kepala daerah lainnya untuk bekerja keras serta berpacu meningkatkan pembangunan di sektor pertanian, bahkan meningkatkan kesejahteraan petani,” ucap Wapres Ma’aruf Amin.

Wapres mengungkapkan, di tengah disrupsi akibat pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun kedua, tantangan dihadapi negara tidak hanya krisis kesehatan tapi juga berdampak pada ekonomi global.

Meski demikian patut disyukuri karena sektor pertanian mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

BPS mencatat sektor Pertanian tahun 2020 mampu tumbuh 1,75 persen ketika banyak sektor lain terkontraksi.

Wapres melihat ketangguhan sektor pertanian adalah atas kerja keras insan pertanian dan pemerintah daerah. Sinergi pusat dan daerah dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah Pusat beri apresiasi kepada Pemda telah berprestasi meningkatkan produksi pangan dan ekspor pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani,” sambungnya.

Selanjutnya Wapres mengharapkan Penganugerahan Abdi Bakti Tani 2021 dapat menjadi penyemangat para Kepala Daerah dan unsur-unsur Pemerintah Daerah lainnya untuk berkomitmen menggerakkan roda pembangunan pertanian di daerah sehingga perekonomian berputar cepat dan memberikan hasil membanggakan.

Turut hadir secara virtual, Kepala Daerah seluruh Indonesia.(*tim redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *