Tekan Stunting, WL Tindaklanjuti Petunjuk Wapres RI

TOMOHON, mejahijau.com – Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Penurunan Stunting secara virtual dari ruangan Diskominfo Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tomohon, Senin 23 Agustus 2021.

Rapat Koordinasi Nasional tersebut dengan tema “Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting” dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Wapres RI Ma’ruf Amin dalam arahannya mengatakan, Pemerintah Daerah dapat memetakan kembali program dan anggaran terkait percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing.

“Pemetaan tersebut sangat penting untuk mengetahui program apa saja yang masih berjalan dan program apa saja yang cakupannya belum merata. Termasuk program stunting yang terhenti selama masa pandemi covid-19,” tegas Ma’ruf Amin.

Wakil Presiden pun menegaskan pentingnya konvergensi dalam program percepatan penurunan stunting di Indonesia. Bahkan, beliau meminta agar program-program intervensi dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga dapat berkontribusi pada penurunan prevalensi stunting.

“Dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting ada 5 pilar utama yang penting dalam percepatan penurunan stunting. Kelima pilar itu adalah komitmen politik dan kepemimpinan Nasional dan Daerah,  Kampanye Nasional dan Komunikasi Perubahan Perilaku, Konvergensi Program Pusat, Daerah dan masyarakat, Ketahanan Pangan dan Gizi, dan Monitoring dan Evaluasi, “urai Ma’ruf Amin.

Bahkan, Ia menjelaskan Perpres juga mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana aksi nasional.

“Saya meminta agar rencana aksi Nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama tersebut di atas,” tuturnya sembari meminta rencana aksi nasional menguatkan konvergensi antar program yang sudah berjalan dan dilaksanakan, sehingga dapat disusun dan disepakati bersama.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE dalam kesempatan ini menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tomohon akan menindaklanjuti apa yang telah diputuskan dalam Rakornas ini terlebih apa yang menjadi arahan dari Wakil Presiden RI.

Turut hadir mendampingi Wakil Wali Kota Tomohon para pejabat yakni Plt. Kadis Kesehatan, Kaban Bapelitbangda, Kadis Sosial, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kadis PU, Kadis Dikbud dan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB.(jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *