oleh

Agustivo Tumundo Semangati Paskibraka Sulut Soal Peranan dan Tanggungjawab Generasi Muda

MANADO, mejahijau.com – Dipercayakan sebagai narasumber Pemantapan Peserta dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2021, tokoh pemuda Agustivo Tumundo SE MSi tampil dengan materi soal kepemimpinan, Sabtu, 07 Agustus 2021 malam.

Materi kepemimpinan disampaikan Agustivo Tumundo dihadapan peserta Paskibraka Provinsi Sulut yang menjalani masa karantina selama 19 hari di Hotel Whize Prime, Megamas, kota Manado.

Di hadapan 30 peserta calon Paskibraka Sulut yang diutus masing-masing kabupaten kota se-Sulut ini, Agustivo Tumundo yang juga Majelis Pertimbangan Organisasi PPI Sulut mengulas 3 konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara.

Agustivo Tumundo adalah Purna Paskibraka Indonesia (PPI) 1987 ini menguraikan, tokoh Ki Hajar Dewantara salah satu founding father pendidikan Indonesia telah mencetuskan 3 konsep kepemimpinan yang tetap relevan diterapkan oleh generasi muda bangsa sebagai calon pemimpin di masa depan, yakni, Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, dan Tut Wuri Handayani.

Ing Ngarso Sung tulada artinya, adik-adik sebagai calon pemimpin nanti hendaknya selalu berada di depan untuk memberi teladan, dengan kata lain harus menjadi contoh yang baik bagi anak buah,” ungkap Kadis Kominfo Kabupaten Minahasa ini.

Baca juga:  Pemkot Bitung Raih Peringkat ke-20 Kota Terinovatif se-Indonesia

Lanjut dia, berikutnya Ing madya mangun karsa, artinya sebagai pemimpin harus turun bersama ke bawah bersama yang dipimpin untuk memberikan karya dan berjuang bersama-sama. 

“Dan Tut wuri handayani, artinya sebagai pemimpin ada saatnya berada di belakang untuk memberikan dorongan, sambil menciptakan proses pengkaderan yang baik untuk masa depan organisasi,” jelas mantan Wakil Ketua 1 PPI Sulut Periode 1996-2000.

Usai membakar semangat para calon Paskibraka Sulut yang dipersiapkan bertugas pada Upacara HUT RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021 nanti, Agustivo Tumundo memberikan kuis-kuis menarik dengan hadiah-hadiah yang memotivasi peserta.

Baca juga:  Lapas Manado Buka Kompetisi Olahraga HUT Kemerdekaan RI

Hadir dalam Pemantapan Paskibraka Sulut, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Sulut Efta Rinny Mamahit SE, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sulut Cherry Maringka SE, Instruktur dari Polda Sulut Briptu Nadya Regina Pang, dan para pelatih dari unsur Purna Paskibraka (PPI) Sulut, antaranya Benny Polii (1986), Jerry Syamsuddin (1987), Michael Besouw SE (1993), Inri Kaseger ST (1993), dan Jane Wenas SIP (1996).

Adapun kegiatan Pemantapan dan Pelatihan Paskibraka Sulut tahun 2021 pelaksanaannya secara resmi dibuka Gubernur Sulut yang diwakili Asisten I Sekprov Sulut Drs Edison Humiang pada Senin, 02 Agustus 2021. Pembukaan kegiatan turut dihadiri oleh Asisten II Sekprov Praseno Hadi MM Ak yang juga Ketua Panitia HUT RI ke-76 Provinsi Sulut, dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah Sulut, Marsel Sendoh SH MSi.(ferry lesar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed