Kekayaan Olly Terpaut Jauh dari Gubernur Sulsel yang Ditangkap KPK

MANADO, mejahijau.com – Kekayaan Olly Dondokambey terpaut jauh dari Gubernur Sulsel yang ditangkap KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif Nurdin Abdullah sedang menjalani persidangan kasus suap. Nurdin ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga menerima aliran duit haram.

Gubernur Nurdin didakwa menerima uang senilai Rp 13 miliar dari sejumlah kontraktor, termasuk pengusaha Agung Sucipto alias Anggu.

Sidang dakwaannya dipimpin hakim ketua Ibrahim Palino di Pengadilan Tipikor Makassar, mulai digelar secara virtual dari Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur, Kamis, 22 Juli 2021 .

Jaksa KPK Muhammad Asri mendakwa Gubernur Nurdin Abdullah telah menerima suap dari sejumlah kontraktor proyek di daerah tersebut.

TAK SEBANDING

Lalu, memangnya berapa banyak sih harta kekayaan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang pernah menerima penghargaan Anti Korupsi dari Bung Hatta Anti-Corruption Award pada 2017, sehingga masih tegah menumpuk kekayaan dari hasil suap?

Harta kekayaan Gubernur Sulsel (nonaktif) ini sebenarnya tak sebanding dengan kepunyaan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Harta kekayaan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah masih jauh dari separoh harta kekayaan orang nomor 1 Sulawesi Utara sesuai data dari LHKPN di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Dari data LHKPN, harta kekayaan Nurdin Abdullah yang dilaporkan terakhir 31 Desember 2019 senilai Rp 51,3 miliar, sementara harta kekayaan milik Olly Dondokambey yang dilaporkan tanggal 30 April 2020 mencapai Rp 179,1 miliar.

Terinci untuk item harta kekayaan keduanya. Khusus tanah dan bangunan Olly terbilang kalah tipis dengan kepunyaan Nurdin Abdullah. Kepemilikkan tanah dan bangunan Olly tersebar di berbagai tempat, nilainya hanya Rp 47,9 miliar, dikalahkan Nurdin Abdullah yang nilainya mencapai Rp 49,3 miliar.

PERBANDINGAN HARTA OLLY DENGAN NURDIN

Soal kepemilikan alat transportasi dan mesin, Olly Dondokambey lebih unggul dengan angka Rp 5,8 miliar, sementara Nurdin Abdullah hanya Rp 300 juta saja.

Item harta bergerak lainnya, Olly Dondokambey Rp 1,4 miliar dan Nurdin Abdullah hanya Rp 271 juta plus harta lain senilai Rp 1,1 miliar.

Dan fantasisnya, Olly Dondokambey memiliki duit kas dan setara kas sebesar Rp 124 miliar, terpaut jauh dengan Gubernur nonaktif Nurdin Abdullah yang hanya memiliki uang kas Rp 267 juta.(*berbagai sumber/tim redaksi)

Berikut Daftar Kekayaan Olly Dondokambey dan Nurdin Abdullah dalam LHKPN di KPK:

NO M A T E R I OLLY DONDOKAMBEYNURDIN ABDULLAH
1
2
3
4
5
6
TANAH & BANGUNAN
ALAT TRANSPORTASI & MESIN
HARTA BERGERAK LAINNYA
KAS & SETARA KAS
HARTA LAINYA
HUTANG
Rp 47,9 miliar 
Rp 5,8 miliar 
Rp 1,4 miliar 
Rp 124 miliar
 – – – – – – –
Rp 472 juta
Rp 49,3 miliar.
Rp 300 juta.
Rp 271 juta
Rp 267 juta
Rp 1,1 miliar.
Rp 1,2 juta.
 T O T A LRP 179,1 MILIARRp 51,3 MILIAR