oleh

Minahasa Terpilih Menjadi Kabupaten Smart City 2021

TONDANO, mejahijau.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa terpilih dari antara 48 Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia menuju Smart City 2021. Hal ini sebagaimana diketahui ketika dalam acara pembukaan pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City Tahap I dan Pengukuhan Dewan Smart City Kabupaten Minahasa, Senin, 28 Juni 2021 di Aula Benteng Moraya Tondano.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Minahasa Wenny Talumewo membuka resmi pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City Tahap I dan Pengukuhan Dewan Smart City Kabupaten Minahasa, di Aula Benteng Moraya Tondano.

Sambutan Asisten II Wenny Talumewo menyatakan ungkapan syukur Kabupaten Minahasa terpilih di antara 48 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

Personil Dewan Smart City Kabupaten Minahasa resmi dikukuhkan

Menurut Wenny Talumewo, Pemkab Minahasa menyambut baik serta bangga boleh terpilihnya dalam program gerakan menuju kota cerdas atau smart city tahun 2021.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya bersama Wakil Bupati Minahasa, Bapak Robby Dondokambey, menyambut baik serta bangga bahwa kabupaten Minahasa terpilih dalam program gerakan menuju kota cerdas atau smart city tahun 2021,” terang Talumewo.

Baca juga:  Dinas Perindag Beber Penyebab Rendahnya Ekspor Sulut

Lanjut dikatakan, ini berdasarkan hasil seleksi asesmen yang telah dilaksanakan bulan September tahun 2020 lalu.

Peserta Bimtek penyusunan master plan smart city Kabupaten Minahasa lakukan foto bersama dengan mematuhi prokes.

‘“Minahasa Menuju Smart City 2021’ kata dia, sebagai tindak lanjut hasil penandatanganan nota kesepakatan Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, tentang implementasi gerakan menuju Smart City tahun 2021 juga dilaksanakan bimbingan teknis penyusunan master plan kota cerdas smart city sedang kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan sebanyak 4 tahap.

Usai Bimtek, acara dilanjutkan dengan Pengukuhan Dewan Smart City Minahasa oleh Asisten II Wenny Talumewo mewakili Bupati Royke Octavian Roring, yang didahului dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Minahasa Nomor 327 Tahun 2021 tentang Dewan Smart City Minahasa oleh Sekretaris Dinas Kominfo Minahasa Anneke Rantung.

“Bagi semua yang sudah dikukuhkan bisa melaksanakan tugas secara penuh tanggung jawab,” pesan Bupati Minahasa.

Program Smart City ini menekankan 6 pilar utama; smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Peserta Bimtek penyusunan master plan smart city Kabupaten Minahasa mengikuti kegiatan dengan mematuhi prokes jaga jarak.

“Peserta yang akan mengikuti bimtek selama 2 hari bisa mengikuti kegiatan dengan sebaik mungkin. Kiranya melalui kegiatan ini bisa mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera,” pungkas Bupati dalam sambutan Asisen II Wenny Talumewo.

Baca juga:  Clay Dondokambey Puas Biro Umum Juara Pertama Inovasi Pelayanan Publik

Turut menyampaikan sambutan, mewakili Direktur Layanan Aplikasi Pemerintahan Kementerian Kominfo RI Sri Burhana Rahmawati dan mewakili Tim Pembimbing dan Tenaga Ahli Smart City yang hadir oleh Andrari Grahitandaru.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi Bimtek kepada peserta terdiri para Kepala Sub Bagian Perencanaan di OPD dan Kecamatan yang dipandu Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Minahasa Gogen Ngantung.

Kegiatan yang diawali dengan Laporan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo ini turut pula dihadiri, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI yang diwakili Sri Burhana Rahmawati, Tim Pembimbing dan Tenaga Ahli Smart City Pusat masing-masing Andrari Grahitandaru, dr Irwan Prasetyo, Lutfy Aziz Lubis dan Tonny Hanif.

Hadir juga pejabat di lingkungan Pemkab Minahasa, antaranya Asisten Administrasi Umum Christian Vicky Tanor, para Staf Ahli, Kaban, Kadis, Kepala Satuan, Direktur, Kabag, Camat dan Staf Khusus Bupati Bidang E-government.(advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed