oleh

Ditukangi Bank Sulutgo, Bupati Sangihe Resmikan Taman Bawah Laut

TAHUNA, mejahijau.com – Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME meresmikan Taman Laut PT Bank Sulutgo (BSG) di kompleks Boulevard Tanah Abang kelurahan Sawang Bendar, Selasa 08 Juni 2021.

Pembuatan taman laut diprakarsai oleh Dumarela Community yang disponsori PT Bank Sulutgo cabang Tahuna guna memeriahkan HUT ke 60 bank plat merah milik Pemprov Sulut itu.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti taman bawah laut BSG oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana bersama Branch Manager PT BSG Tahuna Albert Tambariki.

Usai penandatanganan prasasti dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan dari Pemerintah Kepulauan Sangihe kepada PT Bank Sulutgo, dan penyerahan bibit terumbu karang secara simbolis oleh bupati didampingi Sekda Harry Wolff, serta para Asisten Setda kepada para penyelam.

Branch Manager Bank Sulutgo Cabang Tahuna Albert Tambariki dalam sambutan mengatakan, Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki potensi yang indah. Terdapat banyak tempat wisata, tetapi kalau bukan dari sekarang melestarikan ekosistim bawah laut, kedepan hanya menjadi cerita kepada generasi berikutnya.

Baca juga:  Digugat 7,7 M, Walikota Tomohon Minta Chris ‘Tendang’ Schramm & Partners

”Karena itu perlu kita ketahui bersama bahwa manfaat transplantasi karang membawa berbagai manfaat untuk kelangsungan hayati didalam laut. Manfaatnya adalah ekosistim laut terjaga serta pelestarian terhadap jenis ikan tertentu,” kata Tambariki

Ia menambahkan, setelah dicanangkan dan ditanam terumbu karang tetapi kalau tidak ada monitoring dan pemeliharaan akan menjadi percuma saja. Oleh karena itu, perlu ada monitoring harus dikontrol apakah ada karang yang bertumbuh atau ada karang-karang yang mati.

Bupati Jabes Ezar Gaghana dalam sambutannya mengatakan, upaya tersebut menandakan PT Bank Sulutgo bersama Dumarela Community telah melaksanakan tanggungjawab untuk melestarikan keindahan bawah laut khususnya di Tahuna.

Baca juga:  Kesbangpol Sangihe Tingkatkan Kualitas SDM

”Memang ini menjadi harapan kita semua. Komitmen dan tanggungjawab untuk melestarikan laut di Pantai Tahuna ini menjadi perhatian kita semua,”kata Gaghana.

Lanjut dikatakan, pemerintah daerah merespon baik dan menghargai upaya tersebut sehingga menjadi boleh menjadi komitmen bersama dan perhatian semua.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada PT Bank Sulutgo dan komunitas Dumarela yang memberikan wawasan dan cakrawala bersama tentang kondisi yang baik untuk terumbu karang yang bisa kita kembangkan bersama. Selamat merayakan agenda ini dan selamat untuk Bank Sulutgo yang berhari ulang tahun, kiranya sukses selalu menyertai, dan pengembangan torang pe bank lebih maju kedepan,” kunci Bupati Gaghana.(gustaf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed