Pengamanan Laut di Beranda Utara NKRI, Siap Dibangun Guskamla di Sangihe

TAHUNA, mejahijau.com – Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksda Muhammad Ali SE MM menerima kedatangan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana didampingi Komandan Pangkalan Laut Tahuna, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe dan Ketua Pengadilan Negeri Tahuna, di Markas Besar TNI Angkatan Laut.

Hadir juga mendampingi Bupati, Kaban Kesbang, Camat Tamako bersama ketua MTK dan Kapitalaung Kampung Papanaru.

Menyambut kedatangan Bupati Sangihe, Asrena bersama Paban 1, Paban 2 dan Paban 3 serta staf 84 Lanal Sangihe.

Asrena Kasal bersama jajaran menyambut hangat serta menyampaikan apresiasi atas Kedatangan Bupati bersama rombongan dimana melalui kedatangan tersebut pemerintah serta mewakili masyarakat Sangihe mengutarakan kesiapan dalam pembangunan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) di Kampung Pananaru Kecamatan Tamako.

Kesempatan tersebut Bupati Jabes Ezar Gahgana menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyambut baik dan akan selalu berkoordinasi dengan Danlanal bersama jajaran serta unsur Forkopimda menyangkut persiapan pembangunan Guskamla di Kampung Pananaru. 

Menurut Bupati, pada umumnya tidak ada kendala perihal persiapan pembangunan mendapat respon baik dari masyarakat, terbukti dari antusias masyarakat saat kedatangan Wakasal yang meninjau lokasi pembangunan Guskamla pada beberapa waktu yang lalu. 

Bupati juga menyampaikan, menyangkut pembebasan lahan sudah difasilitasi oleh pemerintah, dimana lahan yang sudah bersertifikat adalah sebesar 9,7 hektar dan rencana akan diperluas menjadi 24 hektar.

Untuk sisa pembebasan lahannya tertata di APBD 2022, termasuk untuk akses jalan masuk alternatif yang sudah dilakukan pengukuran oleh instansi terkait pada minggu yang lalu.

Sementara Asrena mengatakan, TNI AL sangat mengapresiasi respon dari Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam Pembangunan Guskamla.

Lanjut dikatakan, lokasi tersebut sangat tepat dan strategis untuk pembangunan Guskamla, sehingga Pimpinan Markas Besar TNI AL bersama jajaran berharap pembangunan Guskamla akan sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik TNI AL maupun untuk pemerintah dan masyarakat Sangihe.

Asrena meminta kepada Danlanal berkoordinasi dengan Lantamal selaku PPK mengenai pengajuan RAB.

Kesempatan yang sama, Paban 1 juga menyampaikan optimisme dengan pembangunan Guskamla di wilayah Sangihe akan menjadikan wilayah ini menjadi wilayah segitiga, sangat strategis dan kuat dalam 3 hal, yakni Pemerintahan, Pertahanan dan Ekonomi.

“Pembangunan Guskamla akan membuka peluang Sangihe untuk lebih dikenal dan hal ini akan juga mendukung rencana pengembangan wilayah Sangihe sebagai jalur Perdagangan Barang dan lintas orang Indonesia-Philipina, tinggal bagaimana Sangihe dapat mengembangkan lebih lagi sumberdaya unggulan serta Fasilitasi penunjang di dalamnya,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kepulauan Sangihe mengatakan, pemerintah sedang memperjuangkan hal tersebut dan rencana pembukaan jalur perdagangan terbuka dan lintas orang Sangihe-Gensan telah sampai di tahapan lanjutan setelah dibahas dengan beberapa kementerian baik secara langsung maupun secara during.

“Mudah-mudahan hasilnya seperti yang diharapkan. Saya optimis niat yang baik dan tulus dalam membangun Sangihe akan mendapatkan hasil yang baik yang dapat dinikmati oleh masyarakat,” kata Bupati Gaghana.(gustaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *