oleh

Bupati Gaghana dan Kolonel Sobarudin Terharu, Karang Taruna Nyalakan 1000 Lilin

TAHUNA, mejahijau.com – Sebagai ungkapan kepedulian dan dukacita mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI AL yang bertugas di KRI Nanggala-402, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna, menggelar doa bersama serta pemasangan seribu (1000) lilin di Jalan Boulevard Apengsembeka, Sabtu, 08 Mei 2021, malam.

Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna, Kolonel Laut (P) Sobarudin dalam sambutannya mengatakan, musibah tenggelamnya KRI Nanggala-402 merupakan catatan kelam dalam sejarah khususnya dalam keluarga besar kapal selam Korps Hiu Kencana.

“Pengabdian prajurit Hiu Kencana tidak akan sia-sia, mereka tetap melaksanakan patroli abadi menjaga kedaulatan NKRI, On Eternal Patrol. Mereka terus menunjukkan kepada kita sebagai generasi muda untuk meningkatkan semangat yang membara demi memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Sobarudin dalam sambutannya.

Kesempatan itu juga Danlanal Sobarudin mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe khususnya masyarakat di kelurahan Apengsembeka yang telah melaksanakan acara tersebut dengan penuh hikmat.

Baca juga:  Produksi Capai 69 Ribu, Disperindag Jangan Asbun Bicara Harga Cengkih

Sementara Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana dalam sambutannya mengatakan, atas prakarsa anak-anak muda semangat dan motivasi rasa kebangsaan, nasionalisme sesama anak bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia, keterpanggilan pemuda di Kelurahan Apengsembeka yang merasa sesama anak bangsa, sesama pemuda yang dapat merasakan kepiluan, kepedihan hati namun dengan semangat kejuangan diwujudkan dengan penyalaan 1000 lilin.

”Penghayatan ini adalah sebuah momentum kita bersama. Walaupun kita berada di perbatasan, kita tidak pernah lepas dari apa yang dirasakan, apa yang menjadi goncangan di Negara Kesatuan RI,” ucap Gaghana.

Sesuai dengan visi semua daerah perbatasan NKRI yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, kata Gaghana, semua merasa terpanggil untuk merasa sepenanggungan dan seperasaan ketika peristiwa duka karamnya KRI Nanggala 402.

Baca juga:  Gubernur Olly Serahkan Remisi Kepada 587 Napi di Lapas Manado

Bupati Gaghana menambahkan, betapa pentingnya rasa solidaritas, rasa kebersamaan, rasa sepenaggungan walaupun dengan wujud penyalaan seribu lilin dari wilayah perbatasan.

”Kita berdoa dengan adanya penghormatan malam hari ini, telah menggugah daerah-daerah lain yang mempunyai semangat dan komitmen yang sama, penghayatan yang sama terhadap kejuangan 53 kru TNI AL. Mereka adalah putra-putra terbaik miliki bangsa ini. Sekali lagi ini menjadi momentum kita sekalian, terima kasih kepada pemerintah kelurahan dan masyarakat setempat yang telah memfasilitasinya,” kunci Bupati Jabes Ezar Gaghana.

Turut dihadiri Sekda Melanchon Harry Wolf ST ME, Wakil Ketua DPRD Michael Thungari SE MM, Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD, Camat Tahuna, Kapolsek Tahuna, Pemerintah Kelurahan Apengsembeka, anggota TNI dan Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan remaja serta masyarakat setempat.(gustaf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed