oleh

Bupati Sangihe Perjuangkan Sarana Olahraga di Kemenpora

TAHUNA, mejahijau .com – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, didampingi Kepala Bapelitbangda Sangihe, mendatangi Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk melobi soal perlunya sarana dan prasarana olahraga yang memadai di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Bupati Jabes mengajukan permohonan peningkatan infrastruktur Gelanggang Olahraga (GOR) dan Stadion Olahraga di Kelurahan Manente, Tahuna.

Setelah kurang lebih satu tahun lamanya tak dapat melakukan lobi di kantor-kantor pemerintah pusat di Jakarta karena batasan-batasan Pandemi Covid-19, akhirnya tahun 2021 ini dimanfaatkan Bupati Jabes untuk melobi demi pembangunan di Sangihe.

Salah satu yang didatanginya yakni Kemenpora RI, pada Selasa, 30 Maret 2021. Bupati Jabes Ezar Gaghana saat itu didampingi Kepala Bapelitbangda Ir Fillixson Petrus Gaghaube MSi. Keduanya menemui langsung Menpora Dr Hi Zainudin Amali SE M.Si.

Kepada Menpora Bupati Gaghana menyampaikan situasi dan kondisi Olahraga yang ada di Kepulauan Sangihe. Tidak dapat dipungkiri Sangihe memiliki potensi dan telah mencatat sejumlah atlet asal Sangihe yang berprestasi di bidang olahraga baik di tingkat provinsi, daerah bahkan manca negara.

Baca juga:  Simbolis dari Desa Likuang, Bupati Gaghana Salurkan Bansos BB-PPKM Sangihe

Kedepannya pemerintah optimis bahwa masih banyak lagi olahragawan Sangihe yang mampu berprestasi lebih gemilang. Tinggal bagaimana SDM ini harus ditunjang dengan Fasilitas Sarana dan Prasarana Olahraga yang tersedia di daerah.

Gaghana mengatakan, saat ini perlu diperhatikan yakni penyelesaian GOR yang sebelumnya pernah digelontorkan sebanyak 15 miliar dari pemerintah pusat yang di-sharing dengan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kabupaten Sangihe.

Namun karena adanya refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, maka penganggaran untuk penyelesaian GOR belum dapat terealisasikan. Kesempatan yang sama, pun Pemkab Sangihe menyampaikan permohonan bantuan anggaran untuk pembangunan stadion olahraga yang saat ini sudah pada tahapan penyediaan lahan.

Baca juga:  BPJN XV Pelototi 11 Titik Lokasi Bencana Sangihe

Pemkab Sangihe sangat berharap apa yang menjadi permohonan dapat dipertimbangkan dan diakomodir oleh Kemenpora RI.

Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Sangihe yang begitu gigih dalam memperjuangan pengembangan olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Khusus untuk pembangunan fisik karena telah dialihkan ke Kementerian PUPR, maka Pemerintah dapat melakukan lobi pula di Kementerian PUPR disamping Kemenpora mencatat apa yang disampaikan oleh Bupati Sangihe untuk dibantu.

Program Kemenpora khusus dibidang pengembangan olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR.

“Kita berkerinduan olahragawan dari daerah-daerah perbatasan dapat lebih berprestasi di tingkat nasional bahkan mancanegara. Dan hal ini akan kita tunjang, tinggal melihat secara teknis kedepan hal-hal apa saja yang dapat ditindaklanjuti untuk dikembangkan,” kata Menpora Zainudin Amali.(gustaf pukoliwutang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed