Bupati Jabes Siap Berangkatkan Naker Sangihe Kerja di Jepang

TAHUNA, mejahijau.com – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam memperhatikan SDM, salah satunya dengan upaya mempekerjakan putra-putri daerah ke luar negeri, khususnya negara Jepang.

Para Pekerja yang disiapkan, adalah mereka yang memenuhi syarat, terampil, professional, disiplin untuk dipekerjakan di negeri Bunga Sakura itu dengan spesialisasi perawat, pertanian, pengelasan, dan otomotif.

Untuk memantapkan persiapan perekrutan, pelatihan serta pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) dilakukan tahapan-tahapan teknis dengan pihak perusahaan yang nantinya ditunjuk Pemkab Sangihe.

Adapun PT Takumi Koba Indonesia ditunjuk mempersiapkan pelatihan dan pengiriman pekerja migran asal Sangihe yang difasilitasi dan diinisiasi oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) RI.

Pemkab Sangihe sendiri telah melakukan pertemuan dengan BP2MI-RI di Aula ruang rapat BP2MI-RI di Jakarta, Kamis, 25 Maret 2021 untuk membahas draff kerjasama dan perjanjian kerjasama yang rencana penandatanganannya dilakukan hari Senin, 29 Maret 2021.

Pada hari yang sama, Bupati Jabes Gaghana bersama Ketua TP-PKK, Kadis Tenaga Kerja Daerah dan Kabag Hukum bertemu dengan pihak PT Takumi Koba Indonesia untuk membahas kerjasama dimaksud.

Pertemuan tersebut Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, kerjasama ini merupakan bentuk nyata kolaborasi positif antar pemangku kepentingan, baik pihak pemerintah daerah maupun pihak swasta dalam kerangka untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan profesional, khususnya untuk penempatan di negara-negara yang bekerjasama dengan Indonesia.

“Penempatan ke Jepang ini memiliki prospek yang luar biasa. Pekerja memiliki gaji cukup besar dengan kontrak sesuai perjanjian pekerja dengan perusahan,” ungkap Bupati Jabes.

Bupati berharap kerjasama ini bisa membantu serta membuka seluas-luasnya lapangan kerja bagi warga Sangihe, khususnya muda-mudi dalam mencari pekerjaan.

Pemkab juga akan secepatnya mengeluarkan SK Panitia (CPMI), serta akan berkoordinasi dengan dinas terkait serta DPRD Sangihe khususnya Komisi II yang membidanginya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Sangihe Drs Doktarius Pangandaheng MM mengatakan, kerjasama ini merupakan upaya Pemda Sangihe untuk melakukan pengentasan kemiskinan, sekaligus meningkatkan SDM dan kualitas hidup masyarakat.

Untuk perekrutan, Dinas Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Kepulaun Sangihe akan membuka pendaftaran bagi para pencari kerja di Sangihe yang memenuhi persyaratan dan memiliki kemauan bekerja di luar negeri, yakni Jepang.

“Menyangkut pelatihan, itu akan bekerjasama dengan PT Takumi Koba Indonesia. Diharapkan 6 bulan ke depan, mereka siap diberangkatkan ke Jepang,” pungkas Pangandaheng.(gustaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *