oleh

Operator Handal Command Center Antar Walikota Lumentut Terima Penghargaan dari Kepolisian

MANADO, mejahijau.com – Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima Penghargaan dari Kapolda Sulut, Irjen Pol Nana Sudjana saat Launching eTLE di Mapolda Sulut, Selasa, 23 Maret 2021.

Hal itu karena tim kecil dengan produktivitas besar, dedikasi, dan profesionalisme, merupakan kolaborasi sumber daya manusia pemrakarsa sekaligus pengambil kebijakan penting di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Tim kecil ini juga memahami pemerintahan dan dilengkapi tenaga teknis berpengalaman dan bersertifikasi, serta kompeten dalam pengembangan infrastruktur jaringan TIK pemerintahan.

Mahir mengembangkan dukungan infrastruktur jaringan telekomunikasi baik terbuka dan tertutup. Divisi Jaringan Cerdas Command Center ini selama 54 hari mengembangkan instalasi jaringan, server, keamanan, aplikasi, dashboard, dan konsistensi suply bandwith.

Tim inilah yang bersama-sama dengan Korlantas Polri, Polda Sulut, Polresta Manado, secara khusus Direktur Lantas Kombes Pol Iwan Sonjaya dan Kasubdit Gakkum Ditlantas, Kompol Roy Tambayong dan pengembang eTLE memasang kamera, memindahkan kamera, serta memastikan ketersediaan bandwith, listrik, dan berbagai daya dukung lainnya.

Baca juga:  Usai Hadiri HUT, Jenifer Mabuk Lalu Diperkosa di Ringroad Manado

Sebanyak 11 kamera di beberapa titik beroperasi dengan baik pada saat launching hingga dapat disaksikan dashboard server di Cerdas Command Center dan dashboard utama di RTMC Polda Sulut.

Tim kecil ini produk lokal yang berasal dari berbagai penjuru daerah di Sulawesi Utara (Sulut) kini tidak hanya ssebagai tenaga harian lepas, tetapi mereka menjadi jantung Cerdas Command Center dan Dinas Kominfo Pemkot Manado.

Tim command center dibawa besutan Kadis Kominfo Erwin Kontu, bekerja maksimal untuk menunjang program eTLE Polda Sulut.

Di pundak, tangan, dan kreativitas mereka sebagai tim back office-lah, operasional eTLE di Mapolda Sulut khususnya di Ditlantas dan RTMC dapat berjalan baik dan akan menentukan operasional eTLE di Sulut.

Peran penting itu, mendapat support habus-habisan Kepala Dinas Kominfo, Erwin Kontu, dan Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Heintje N Lombone. Arahan keduanya melalui arahan, petunjuk, dan bimbingan, sehingga kurun waktu hanya 54 hari, pemanfaatan teknologi surveilence di Cerdas Command Center dapat bermanfaat untuk publik, Polda Sulut, Bappenda Pemprov Sulut melalui eTLE.

Baca juga:  Diduga Covidkan Pasien, Polda Sulut Diminta Periksa RSU Manado Medical Center

Tim kecil binaan Erwin Kontu itu kini siap membantu dan berkoordinasi dengan seluruh Polres di jajaran Polda Sulut, dan pemerintah daerah lainnya untuk mengembangkan jaringan infrastruktur.

eTLE secara nasional dilaunching resmi oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigid Prabowo, di Korlantas Polri. Dan Polda Sulut siap menerapkan tilang elektronik.

Sambutan Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, pelaksanaan eTLE salah satu penjabaran dari program Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) yang digulirkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Hari ini kita mengikuti secara langsung melalui virtual, launching ETLE secara nasional yang dipimpin langsung oleh Bapak Kapolri. Kita turut bersyukur bahwa Polda Sulawesi Utara merupakan 1 dari 12 Polda yang akan menerapkan penegakkan hukum bidang lalu lintas melalui eTLE,” ujar Irjen Pol Nana Sudjana.(kiky)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed