oleh

Resmi Pimpin Kota Tomohon, Begini Pidato Lengkap Caroll Senduk

TOMOHON, mejahijau.com – Setelah dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk SH dan Wenny Lumentut SE langsung menuju Kantor Walikota Tomohon. Kedatangan keduanya disambut tarian Kabasaran oleh masyarakat dan jajaran pemerintah, dan didoakan oleh Pastor Katolik di ruangan Walikota dan Wakil Walikota, Jumat 26 Februari 2021.

Di tengah sukacita, Caroll-Wenny menghadiri paripurna DPRD Kota Tomohon dalam acara serah terima jabatan. Kali ini Caroll dibri kesempatan menyampaikan pidato politiknya dihadapan wakil-wakil rakyat dan para undangan yang menghadiri acar syukuran di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon.

Berikut isi pidato lengkap Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH yang penyampaiannya didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut SE. Di awal pidato, Caroll menyampaikan ungkapan syukur kepada kuasa Tuhan Yang Maha sehingga keduanya resmi dilantik menjabat Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021–2024.

“Kota Tomohon adalah kota yang diberkati Tuhan, dikaruniai keindahan alam dan udara yang sejuk. Dimekarkan dari sebuah kecamatan di Kabubaten Minahasa, hingga saat ini secara otonom Kota Tomohon telah memasuki usia yang ke 18 tahun,” katanya.

Ibarat manusia, lanjut Caroll, Kota Tomohon mulai memasuki usia dewasa dengan segala pertumbuhan dan perkembangannya menuju ke arah tujuan yang lebih baik.

Posisi Kota Tomohon yang terletak di tengah-tengah antara Kota Manado sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Utara, sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian sulawesi utara, dengan daerah kabupaten/kota lainnya menjadikan Kota Tomohon sebagai kota transit dan penyanggah bagi Kota Manado dan kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara. Karena itu, kedudukan Kota Tomohon sangat strategis untuk pengembangan ke depan sesuai dengan harapan dan cita-cita terbentuknya Kota Tomohon pada tahun 2003 yang lalu.

Kota Tomohon sejak dahulu sudah dikenal karena alamnya yang indah dan sejuk, tanahnya yang subur, masyarakatnya yang ramah, dan julukan lainnya seperti kota religius dan kota pendidikan. Semua itu, kata Caroll, menambah semangat dirinya bersama Wakil Walikota Wenny Lumentut SE bertekad menjadikan kota tomohon lebih maju, berdaya saing, dan sejahtera, sebagaimana visi CSWL pada Pemilukada tahun 2020 yang baru dilewati.

Sebagai umat percaya, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya perkenaannya sehingga proses pesta demokrasi tahun 2020 boleh terlaksana dengan baik

“Saya (Caroll Joram Azarias Senduk SH) sebagai pribadi bersama bapak Wakil Walikota Wenny Lumentut SE mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama terlibat dalam proses kontestasi yang pada akhirnya memberikan kepercayaan mayoritas kepada kami untuk memimpin Kota Tomohon. Dan pada hari ini, kami sudah dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021–2024,” kata Caroll yang disambut riuh tepuk tangan.

Tak lupa keduanya menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat memenangkan Caroll–Wenny pada Pemilukada Kota Tomohon tahun 2020 lalu.

“Mari kita tinggalkan dan tanggalkan segala perbedaan yang terjadi selama proses Pilkada lalu. Kemenangan Caroll-Wenny adalah kemenangan kita semua masyarakat Kota Tomohon. Saatnya kita saling bergandengan tangan, bersama-sama kita bangun Kota Tomohon yang sama-sama kita cintai ini. Mari bersama kita menjemput perubahan yang hebat dan maju,” sambutan Caroll.

Baca juga:  44 Lawyer CSWL Diturunkan Antisipasi Kecurangan Pilkada Tomohon

Menurutnya, kita semua patut bersyukur sampai saat ini masih bisa bertahan dalam  situasi pandemic Covid-19. Kita masih diberi kekuatan, kesehatan, dan Tuhan masih menjaga kita, menjaga Kota Tomohon dari bencana yang saat ini sementara terjadi di daerah-daerah lain.

“Ketika saya diberi kepercayaan dan kesempatan untuk memimpin kota Tomohon bersama bapak Wenny Lumentut SE, maka kami akan terus melakukan lompatan-lompatan besar dengan kecepatan dan ketepatan aksi yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Karena mulai saat ini banyak yang harus dilakukan, banyak yang harus dirubah dan dibangun untuk memberi manfaat kepada masyarakat luas tanpa membeda-bedakan latar belakang. Kita harus bergerak cepat bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan semuanya,” papar putra mantan Bupati Minahasa Karel Lasut Senduk ini.

Pada kesempatan ini, lanjut dia, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu padu membangun Kota Tomohon dilandasi falsafah “Si Tou Timou Tumou Tou” (manusia hidup untuk menghidupkan manusia lainnya), serta semboyan “torang samua ciptaan tuhan, baku-baku bae kong baku sayang”, seperti halnya baku-baku bantu, baku tolong dan bekerja bersama-sama atau mapalus yang merupakan budaya di tengah-tengah masyakat, memelihara harmoni keberagaman di Kota Tomohon yang sama-sama kita cintai ini.

Saatnya kita harus bersatu padu karena dengan persatuan kita bisa melakukan hal-hal besar dan penting. Masyarakat Kota Tomohon harus berubah dari hari ini. Kita harus lebih baik mulai dari sekarang, saya yakin kedepan Kota Tomohon jauh lebih maju, hebat dan terdepan dari hari ini. Keberlanjutan pemerintahan dan pembangunan ke arah yang lebih baik merupakan suatu harapan yang terus kita gelorakan dan perjuangkan, untuk meraih apa yang sudah dititipkan masyarakat kepada kami. Kami akan berusaha untuk senantiasa mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan golongan. Keyakinan kami bahwa ketika ditopang oleh iman, didorong oleh keyakinan dan pengabdian satu sama lain maka Tuhan akan selalu memberkati masyarakat dan pemerintah Kota Tomohon.

Selanjutnya di era penuh dengan perjuangan, yang sangat dinamis, kita sebagai pemerintah harus terus berinovasi dan mengembangkan cara-cara dan nilai-nilai baru. Namun, semua itu tidak datang dengan mudah, harus disertai kerja keras dan kerja cepat.

“Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton. Kita perlu mendobrak rutinitas dan meningkatkan produktivitas. Kerja kita harus berorientasi pada hasil-hasil yang nyata yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” katanya.

Begitu pula dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan umum. diperlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi aktif mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. prioritas kami adalah menjadikan Kota Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera.

Inilah saatnya untuk kita mensinergikan program dalam pembangunan dari program nasional Presiden Joko Widodo, program Propinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Bapak Olly Dondokambey, SE dan Bapak Drs. Steven Kandouw, agar supaya percepatan pembangunan di Kota Tomohon dapat selaras dengan program-program pemerintah pusat dan Propinsi Sulawesi Utara.

Saatnya kita harus melangkah maju dengan penuh optimisme dan mengarahkan pandangan kita untuk menyongsong perubahan, sebagaimana yang selalu kami sampaikan ketika kampanye dengan visi misi dan berbagai program unggulan kami.

Baca juga:  Sinerjitas Desa Pakuweru Patut Dicontohi Desa Lain

“Saya bersama bapak Wenny Lumentut, kami bertekad untuk melakukan perubahan-perubahan yang akan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat kota tomohon lewat program-program yang kami sampaikan kepada masyarakat selama masa kampanye yang lalu,” ucap Caroll.

Dengan adanya sinergitas dan koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah propinsi, dukungan dan kerjasama dari semua perangkat pemerintahan di kota Tomohon sampai ke lingkungan-lingkungan, serta partisipasi dan dukungan aktif dari seluruh masyarakat Kota Tomohon, keyakinan kita bersama dan dengan pertolongan tuhan, pasti Kota Tomohon akan menjadi lebih hebat dan maju.

Kedepan, kami akan memberdayakan program dan pelayanan yang berbasis lingkungan, artinya pelayanan yang maksimal dan benar-benar melayani kebutuhan masyarakat dimulai dari tingkat lingkungan melalui peran kepala lingkungan dan wakil kepala lingkungan sebagai garda terdepan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Kami menyadari bahwa kehadiran kami adalah karena perkenanan tuhan melalui dukungan dari mayoritas masyarakat Kota Tomohon dalam pemiluda 9 desember 2020 yang lalu.

Oleh karena itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan ucapan syukur, pujian dan hormat bagi tuhan yesus kristus juga kepada seluruh masyarakat kota tomohon yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan kepada saya Caroll J.A Senduk SH dan Wenny Lumentut SE sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon periode 2021-2024.

Kami menyadari bahwa keberhasilan membangun daerah tidak hanya berasal dari keberhasilan pelaksanaan program pembangunan semata, akan tetapi sesungguhnya bagaimana dapat menyatukan dan menggerakkan seluruh potensi masyarakat sebagai anak bangsa untuk menjadi energi besar yang dapat mengatasi kekurangan, keterbatasan bahkan ancaman sekalipun. Kami yakin dan percaya, dengan pengalaman yang selama ini kami jalani di lingkungan legislatif yang banyak berhadapan dengan masyarakat karena sebagai wakil rakyat maupun mitra bagi pemerintah daerah, telah menjadikan kami semakin matang dan bijaksana dalam berpikir dan bertindak untuk kesejahteraan rakyat.

Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tomohon, penyelenggara dan pengawas pemilu juga seluruh masyarakat kota tomohon serta memohon dukungan dalam kami menjalankan pemerintahan di Kota Tomohon kedepan.

Pada kesempatan yang bersejarah ini, perkenankan saya Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk SH bersama Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE dan atas nama seluruh rakyat Kota Tomohon menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Jimmy Feidie Eman,SE.Ak.CA dan kepada Ibu Syerly Adelyn Sompotan yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir. Terima kasih serta apresiasi yang tinggi juga kepada Jemmy Ringkuangan, AP, M.Si  yang telah sukses menjalankan tugas sebagai Plh. Walikota Tomohon dan mempersiapkan pelantikan walikota dan wakil walikota Tomohon dengan baik.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh lembaga-lembaga terkait, kepada Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat yang turut mengawal pemerintahan selama 5 tahun ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan meraih banyak prestasi dan penghargaan. Semoga dukungan dan topangan doa serta partisipasi aktif yang telah diberikan kepada pimpinan sebelumnya, akan juga diberikan kepada kami yang mengemban tongkat estafet pemerintahan dan pembangunan di kota tomohon.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, sekali lagi kami memohon dukungan, doa dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat dan lembaga terkait lainnya bagi kami dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Tomohon. Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia dan kepada Dia, Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya (Roma 11: 36).

“Semoga Tuhan selalu memberkati kita sekalian dan memberkati Kota Tomohon,” pungkas Walikota Carol JA Senduk.

Hajatan ini dihadiri yang mewakili Gubernur Sulut, Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Tomohon, Kapolres, Kepala Pengadilan Negeri Tondano, Perwakilan Kejari, mewakili Dandim Minahasa, Para Pejabat Pemkot Tomohon, Tokoh-tokoh Masyarakat, serta para Lurah se-Kota Tomohon.(jopa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed