oleh

Dua Perusahaan Asing Pastikan Investasi Enerji di Kabupaten Sangihe

TAHUNA, mejahijau.com – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menerima tawaran dua perusahaan yang ingin berinvestasi di daerah yang dipimpinnya.

Tawaran dua perusahaan tersebut disampaikan saat pertemuan di Pondok Hijau Restaurant Manado, Selasa, 09 Februari 2020.

PLT Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sangihe Irianto Manumpil mengungkapkan, dua perusahaan tersebut adalah PT Jasa Tirta Energi selaku anak perusahaan dari Perum (Perusahaan Umum) Jasa Tirta I milik BUMN, dan PT Renewable Energy First (REF) dari Austria.

Dua perusahaan tersebut memproyeksikan kerjasama di bidang Energi Terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, dan Pembangkit Listrik Tenaga Minihybrid.

Baca juga:  Kadis Kominfo Manado Terima Kunjungan ‘Kirchenchor Wantewitz and Friends’ Asal Jerman

Pada pertemuan tersebut, dua perusahaan ini menawarkan kerjasama kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Dua perusahaan meminta kesediaan pemerintah Kabupaten Sangihe sebagai tempat pembangunan project ini, sekaligus mendapatkan saham yang hasilnya akan dijual ke PLN,” jelas Manumpil.

Lanjut dikatakan, pihak investor memproyeksikan penjualan enerji listrik dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

Pun dua perusahaan tersebut, sebelumnya telah melakukan studi awal dengan meninjau lokasi yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Mereka berasumsi, Kepulauan Sangihe paling memenuhi syarat dari kriteria yang ditetapkan, sehingga proyek dapat diprioritaskan di empat wilayah lainnya yang menjadi rencana perusahaan.

Baca juga:  Pemkab Kepulauan Sangihe Dorong Perkuatan Ekonomi Masyarakat

Biaya studi awal dan biaya untuk project tersebut sedianya dibiayai dari dana pinjaman 0% dari Bank Austria.

Pun tawaran kerjasama tersebut disambut baik Pemerintah Sangihe sebab daerah memperoleh berbagai keuntungan, antaranya tambahan pendapatan dan masyarakat mendapatkan sistem listrik yang lebih nyaman dan ramah lingkungan, serta biaya listrik yang lebih murah.

Bupati Jabes Ezar Gaghana dalam pertemuan tersebut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK dan Esterina Gaghana SH M.Sc sebagai Interpresenter, juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kabag Ekonomi, Kabag Sumber Daya Alam.

Sedangkan dari pihak perusahaan dihadiri oleh Ety Sulistiawaty selaku Direktur PT Jasa Tirta Energi, Bakhtiar Triatmaja sebagai Tenaga Teknis PT Jasa Tirta Energi dan Mr Hans dari PT Renewable Energy First.(gustaf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed