oleh

Mau Buat Website? Pahami Dulu Apa Itu Shared Hosting dan Cloud Hosting

Jakarta – Dunia teknologi terus berkembang dan berinovasi, termasuk dunia internet. Saat ini ada banyak sekali jasa yang menawarkan layanan pembuatan web hosting bagi yang ingin membangun sebuah website.
Sebuah website menjadi hal yang sangat penting bagi pebisnis online. Karena website bagi bisnis online ibarat sebuah toko. Tempat memajang dan mempromosikan produk yang akan dipasarkan.

Untuk memiliki sebuah website, para pebisnis online tidak perlu membuatnya sendiri karena kini ada banyak penyedia layanan web hosting. Para penyedia layanan inilah yang akan menangani semua hal terkait web hosting.

Perlu diketahui ada banyak jenis hosting yang bisa jadi pilihan dengan berbagai fitur dan spesifikasi. Yang paling umum digunakan adalah shared hosting dan cloud hosting.

Shared Hosting
Shared hosting adalah jenis layanan web hosting yang populer dan cocok bagi pemula yang baru mulai membangun website. Shared hosting memiliki resource dengan hanya satu server yang digunakan oleh banyak pengguna website.

Karenanya, hosting jenis ini punya keterbatasan dalam menangani website yang memiliki data banyak dan traffic tinggi. Jadi, tidak jarang mengalami downtime.

Kelebihan Shared Hosting:
⦁ Harga lebih murah dibandingkan cloud hosting
⦁ Pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan web hosting
Kekurangan Shared Hosting:
⦁ Akses lambat karena banyak website berjalan pada satu server secara bersamaan
⦁ Banyak batasan dalam hal penggunaan dan sumber daya
⦁ Karena hanya ada satu server dan digunakan bersamaan oleh banyak website, apabila salah satu website menyebabkan gangguan, maka website yang lain juga dapat terkena dampaknya.

Baca juga:  Disahkan KPU, AARS Nahkoda Baru Kota Manado

Cloud Hosting
Berbeda dengan shared hosting, cloud hosting memiliki jumlah resource dan server lebih dari satu yang menempatkan data pengguna website. Karenanya, website yang menggunakan cloud hosting lebih stabil dan jarang mengalami downtime.

Kebalikan dari shared hosting, cloud hosting justru dapat menampung dan menangani website dengan traffic yang sangat tinggi. Ini karena pada cloud hosting ada banyak server.

Apabila satu server mengalami masalah, maka masih ada beberapa server lain yang dapat membackup dan menjalankan website dengan normal tanpa kendala.

Kelebihan Cloud Hosting
⦁ Cloud hosting menggunakan lebih dari satu server sehingga saat terjadi masalah, ada server yang mem-backup sehingga pelayanan tetap berjalan normal
⦁ Sumber daya dapat ditambah dan disesuaikan dengan kebutuhan website pengguna
⦁ Memiliki performa server seperti VPS dengan kemudahan layaknya shared hosting.
⦁ Sama seperti shared hosting, pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan web hosting
Kekurangan Cloud Hosting
⦁ Harga lebih mahal dibandingkan shared hosting

Baca juga:  Tatapmuka Gubernur Olly bersama Stakeholders Kepulauan Sangihe Berlangsung Penuh Kekeluargaan

Shared hosting atau cloud hosting, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. KawanuaHost sebagai penyedia layanan web hosting menawarkan solusi bagi para konsumen yang ingin membangun sebuah website.

Dalam layanannya, KawanuaHost menggunakan 100% SSD Drive untuk pemrosesan file yang cepat dan tepat. Selain itu, klien yang berbasis di Indonesia dapat menikmati akses data yang cepat dengan OpenIXP, APJII 10Gbps Interconnection.

Layanan web hosting KawanuaHost mengutamakan kepuasan pelanggan dengan menggunakan spesifikasi hosting yang berkualitas, akses cepat, profesional, harga terjangkau dan modern.

KawanuaHost juga memberikan pelayanan apabila pengguna mengalami kendala atau masalah dengan web hosting yang bisa dihubungi melalui telepon/fax, email, ticketing support, ataupun via live chat.

Ingin membuat sebuah website? Percayakan pada ahlinya KawanuaHost. Layanan web hosting berkualitas dari KawanuaHost bisa diperoleh mulai dari Rp 200.000 per tahun. Selengkapnya kunjungi di https://kawanuahost.com/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed