oleh

Bupati Jabes Orang Pertama di Sangihe yang Disuntik Vaksin Sinovac

TAHUNA, mejahijau.com – Sebanyak 2500 vaksin Covid-19 jenis Sinovac tiba di Bandara Naha Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis, 28 Januari 2021.

Vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, diangkut menggunakan helikopter. Setibanya di Bandara Naha, mendapat pengawalan ketat dari jajaran Kodim 1301 Sangihe, Lanal Tahuna, dan Polres Sangihe.

Vaksin buatan China ini diangkut menggunakan Mobil Ambulance, dibawa menuju ruang penyimpanan vaksin di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Menurut Staf Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Ingward Mandagi, pengiriman vaksin sebanyak itu sesuai permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Baca juga:  Tetty Paruntu Tiba, Seantero Sangihe Kuning Melulu

“Kita menyalurkan sesuai permintaan dari Pemkab Sangihe dan vaksin yang pertama ini khusus untuk tenaga kesehatan (nakes). Jadi jumlahnya ada 2500 vaksin Sinovac, setiap orang dapat dua kali buster atau dua kali suntikan dalam jangka waktu dua minggu. Untuk tempat penyimpanan vaksin Sinovac itu ada di 2-8 derajat, tidak boleh dibawah 2 derajat atau di atas delapan derajat,” papar Mandagi.

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe dr Joppy Thungari ketika diwawancarai mengatakan, pihaknya akan melakukan penyaluran ke semua Puskesmas pada hari Sabtu 30 Januari hingga Senin 1 Februari 2020.

Baca juga:  Kalender Pariwista Sulut, Pemkot Bitung Luncurkan Sejumlah Agenda Menarik

Vaksin akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan yang ada di puskesmas dan rumah sakit di Sangihe.

”Rencananya, hari Senin akan dilakukan penyuntikan serentak yang akan diawali oleh penyuntikan kepada Bupati Jabes Ezar Gaghana bersama Forkopimda. Penyuntikan akan dilakukan di rumah sakit umum Liung Kendage, Tahuna,” ungkap Thungari.

Kadis Kesehatan dr Joppy Thungari membenarkan kalau tahap pertama vaksinasi diperuntukan kepada tenaga kesehatan. Dan untuk relawan maupun Forkopimda dan dinas lainnya akan menerima vaksin pada tahap kedua.(gustaf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed