oleh

KPU Sangihe Targetkan 77,5 Persen Warga Gunakan Hak Pilih

TAHUNA, mejahijau.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Sangihe, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut tahun 2020 dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Tujuan simulasi ini, bagimana nanti kita membayangkan situasi pilkada kali ini ditengah pandemi Covid 19 dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Ketua KPU Sangihe, Elsye Sinadia SPd saat membuka simulasi di halaman depan GOR Kelurahan Manente, Kecamatan Tahuna, Jumat, 20 November 2020.

Seperti diketahui, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Sulut pelaksanaannya tinggal 19 hari lagi. Untuk itu, kata Elsye, pihaknya harus gencar sosialisasi kepada masyarakat terkait proses penyelenggaraannya.

Baca juga:  Pilkada Minahasa, Partai Demokrat 'All-Out' Menangkan RR-RD

“Pilkada kali ini siap dijalankan dengan peraturan dan protokol kesehatan Covid-19. Dan lewat simulasi ini, kita berharap adanya pengalaman saat kita berada di TPS pada tanggal 9 Desember nanti,” ucap Elsye.

Dia menambahkan, pilkada kali ini terbilang unik karena harus mematuhi berbagai aturan. Bahkan ada 15 hal baru terkait pelaksanaan Pilkada.

Elsye juga menyebut target KPU Sangihe dalam partisipasi masyarakat serta berharap mampu meyakinkan masyarakat, bahwa Pilkada Sulut di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe siap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Target KPU terkait partisipasi adalah 77,5 persen. Meski banyak masyarakat yang sanksi bahwa kita tidak akan mencapai itu. Tetapi kita percaya, suksesnya pilkada adalah peran bersama,” kata Elsye.

Baca juga:  Gerrit Luntungan Melangkah ke DPRD Minut

Pihaknya berharap target partisipasi masyarakat Pilkada Sulut di Sangihe bisa melebihi angka 77,5 persen. Semua yang hadir saat ini diharapkan dapat memberi peran dalam sosialisasi dan memberikan informasi yang berkenaan terkait pilkada 2020.

“Masyarakat yang punya hak pilih, tugas kita mengamankan daerah ini saja. Menjaga keamanan daerah yang kita cintai. Perbedaan pilihan tetap ada, tetapi bagaimana kita harus mampu menjaga kondisi tetap aman,” katanya.

Di akhir sambutan, Elsye Sinadia mengatakan, KPU Sangihe telah siap dengan segala kebutuhan sarana dan prasarana untuk suksesnya penyelenggaraan pilkada. Dan logistik Pilkada sudah tersedia di kantor KPU Sangihe.(gustaf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed