Dibuka Presiden Joko Widodo, Bupati Minahasa Ikuti Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa

TONDANO, mejahijau.com – Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring MSi ikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tahun 2020 secara virtual, Rabu, 18 November 2020.

Rakornas yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, diikuti oleh seluruh kepala-kepala daerah di Indonesia.

Kepala Lembaga kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto melaporkan, pelaksanakan Rakornas dilaksanakan secara online dan offline dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Dan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Rakornas saat ini mengangkat tema Transformasi digital dengan profesionalisme dan sumber daya manusia pengadaan barang dan jasa pemerintah. Perencanaan dan penganggaran diperlukan perhatian khusus oleh pemerintah untuk menetapkan proses pengadaan.

Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring MSi

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, menyampaikan Pemerintah harus memanage dengan baik meski pada masa pandemik Covid-19 dengan mengupayakan pemulihan ekonomi.

Dalam situasi saat ini pemerintah harus menjaga dan memperbaiki agar angka kesembuhan Covid-19 lebih meningkat sampai adanya vaksinasi.

Dalam pemulihan ekonomi, peredaran uang harus semakin banyak dimulai dari konsumsi belanja pemerintah.

“Pengadaan barang dan jasa bukan hanya sekedar akuntabel dan transparan tapi harus memiliki nilai manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat,” terang Presiden Joko Widodo.

Lanjut dikatakan, LKPP harus banyak membuat terobosan dengan memanfaatkan teknologi untuk mendorong permintaan, meningkatkan konsumsi dan produksi sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan akan dikawal dengan hukum yang jelas.

Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring MSi dengan seksama mengikuti rakornas pengadaan barang dan jasa yang dilakuksanakan secara virtual

Presiden mengajak untuk memprioritaskan membeli produk-produk dalam negeri dengan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

LKPP diharapkan mengisi produk-produk UMKM dalam e-katalog dimana produk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri baik dalam sisi produk maupun kualitas.

Menurut Bupati Minahasa, Presiden mengharapkan Pemerintah Pusat sampai daerah-daerah dapat memanfaatkan sisa waktu yang ada hingga 22 Desember 2020 untuk menyerap anggaran semaksimal mungkin.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Provinsi dalam Pengadaan Barang dan Jasa sesuai rencana secara tanggap, cepat, akuntabel, transparent, sesuai dengan aturan serta tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat,” kata Bupati Roring.

Rakornas ini diikuti secara virtual oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia. Kehadiran Bupati Minahasa didampingi Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Minahasa Daudson Rombon ST.(adve)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *