oleh

Hampir 10 Tahun, Rakyat Tomohon Krisis Air Bersih

TOMOHON, mejahijau.com – Miris..!, hampir sepuluh tahun terakhir warga Kota Tomohon dilanda krisis air bersih. Keluhan warga mengenai kebutuhan air bersih hingga kini belum terjawab sepenuhnya.

Krisis air bersih berkepanjangan membuat warga merasa terabaikan. Pasalnya air bersih merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia.

“Banyak masyarakat di Tomohon, saat membuka kran tidak ada setetes air yang keluar. Termasuk saya akhirnya memutuskan untuk menggali sumur untuk mendapatkan air bersih,” ungkap tokoh masyarakat Kelurahan Walian Tomohon Selatan, Arie Kawatak kepada mejahijau.com, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Sesuai undang-undang, kata Arie, air adalah kebutuhan hajat hidup banyak orang yang harus dikelola dengan baik oleh negara dan pemerintah demi rakyatnya.

Baca juga:  Anak-Buah Bandar Togel Ditangkap, Polres Mitra Terkesan Tutup Mulut

Tetapi di Kota Tomohon sebaliknya masyarakat tetap harus mengupayakan air bersih sendiri.

“Masyarakat kini harus berusaha sendiri untuk mendapatkan air bersih. Sebetulnya masyarakat selama ini sangat merindukan kebaikan dan kebijakan pemerintah untuk menolong masyarakat terutama kebutuhan air bersih,” kata Om Arie sapaan akrabnya.

Arie menguraikan sejumlah manfaat air bersih bagi manusia dan lingkungan, antaranya untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, air merupakan komposisi utama dalam tubuh, menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh, membersihkan badan, membersihkan bahan makanan dan masak, untuk membantu pekerjaan sehari-hari, untuk irigasi pertanian, menjaga ekosistem lingkungan, dan penyuplai energi.

Baca juga:  Wenny Lumentut Diberondong Puluhan Aspirasi Warga Tomohon

“Selama sepuluh tahun terakhir, warga beberapa wilayah mengeluh kekurangan air bersih. Mengapa? ternyata salah satu faktor penyebab adalah sistem distribusi air bersih yang tidak dikelola baik membuat warga sulit mendapat akses air bersih ke rumah mereka,” katanya.

Dia malah simpatik melihat di hamparan luas puluhan hektar lahan pertanian warga di bukit Wawo, saat ini telah tersedia air bersih yang diupayakan Wenny Lumentut SE.

“Kami masyarakat hanya dapat mendoakan dan berharap semua kelurahan dapat dibantu untuk kebutuhan air bersih. Semoga Pak Wenny Lumentut diberkati oleh Tuhan, dan rakyat Kota Tomohon makin sejahtera,” pungkasnya.(jopa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed