oleh

Inovasi pada Masa Covid-19, Bupati Roring Puji Kepala Desa Kanonang Satu

TONDANO, mejahijau.com – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir ternyata memberi motivasi dan memunculkan inovasi baru bagi desa Kanonang satu di kecamatan Kawangkoan Barat, Minahasa.

Bahkan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, memberikan pujian dan penghargaan atas inovasi baru dari desa yang di pimpin oleh Hukum Tua Lucky Kasenda,SE bersama Sekretaris Desa Heppy Walangitan.

“Menyampaikan apresiasi kepada desa Kanonang Raya terlebih khusus Desa Kanonang Satu, Bapak Hukum Tua Lucky Kasenda,SE Kepala BPD para perangkat desa dan seluruh warga yang berinovasi sangat positif dalam rangka menghadapi pandemi virus corona (covid-19),” ucap Bupati Royke Octavian Roring (ROR).

Baca juga:  Kanonang Satu Miliki Petugas Protokol Covid-19 Sendiri

Inovasi yang dilakukan pemerintah Desa Kanonang Satu, kata Bupati Roring, patut dicontoh desa-desa lain.

“Saya yakin dan percaya apa yang dilakukan desa Kanonang Satu ini boleh menjadi contoh oleh 269 desa dan kelurahan di kabupaten Minahasa,” kata Bupati Roring bahwa salut kepada para hukum tua terlebih hukum tua Desa Kanonang Satu atas berbagai upaya inovasi.

Sementara Lucky Kasenda,SE Hukum Tua Kanonang Satu didampingi Sekretaris Desa Heppy Walangitan menyampaikan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Kabupaten Minahasa kepada desa yang dipimpinnya.

“Terima kasih Pak Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey dan seluruh jajaran atas kepercayaan ini,” ucap Lucky Kasenda.

Baca juga:  Miliaran Rupiah Air Bersih Walikota Jimmy Eman Ca’ Beres

Menurutnya, sejak awal pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah desa adalah menghadirkan pasar rakyat untuk pemenuhan kebutuhan pokok tanpa harus keluar kampung.

“Namanya pasar rakyat “Vervolg” yang berada tepat di jalan yang dulunya bernama Vervolg atau diartikan lanjutan,” ungkapnya.

Ditambahkan Lucky Kasenda, inovasi pada masa bencana non alam untuk melawan covid-19 dengan pasar rakyat yakni membiasakan warga untuk tidak keluar kampung dan saat berada di pasar Vervolg tetapi mengikuti protokol kesehatan.

Selanjutnya sesuai hasil musyawarah desa diputuskan penerima BLT adalah para lanjut usia (lansia) dan sakit menahun dan semua keluarga produktif diberikan stimulan bantuan pertanian

“Ini maksudnya semua tetap produktif dimasa pandemi covid-19,” pungkas Kasenda.

Diketahui Desa Kanonang Satu menjadi percontohan dan ditetapkan sebagai desa tangguh covid-19 yang diresmikan langsung Bupati Minahasa.(herdy mendur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed