Bupati Roring Kukuhkan Kanonang Satu sebagai Desa Mapalus Mantap Covid-19

TONDANO, mejahijau.com – Desa Kanonang satu di kecamatan Kawangkoan Barat diresmikan Bupati Minahasa sebagai Desa Mapalus Mantap Covid-19, Kamis 02 Juli 2020.

Peresmian dilaksanakan di komplek pasar rakyat “Vervolg” Kanonang Satu sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bahkan sebelummya para tetamu dan undangan dilakukan rapid tes oleh petugas kesehatan.

Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan kepada para hukum tua dan perangkat desa di Kanonang Raya berupa handzanitizer, masker, faceshield, dan vitamin oleh Bupati Minahasa Royke O Roring bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa, DR Ir Royke Octavian Roring, MSi, dalam sambutannya menyentil, tanpa terasa empat bulan sudah dilewati masa-masa pandemic covid-19, dan sampai saat ini kita masih berada dalam keadaan sehat.

“Sampai saat ini, Kabupaten Minahasa ketambahan pasien positif dengan total 121 orang. Kami tetap berusaha menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang kuncinya hanya 5, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, sediakan handsanitizer, sesampai di rumah harus segera membersihkan diri. Semua tergantung pada diri kita sendiri,” tandas Bupati Roring.

Lanjut dikatakan, pemerintah kabupaten Minahasa sedang berusaha bersama-sama Forkopimda untuk menyiapkan 2 set alat yang bisa dipakai untuk test covid-19 supaya hasil test covid tidak menunggu lama lagi.

“Puji Tuhan di Minahasa sudah banyak yang sembuh dan diterima kembali oleh masyarakat, keluarga dan tokoh-tokoh agama, pendeta, pastor, gembala, imam/ustad. Ini membuktikan bahwa Minahasa menjadi contoh dalam kerukunan dan kebersamaan masyarakat,” ucap Roring.

Menurutnya tidak ada yang ditolak, dan itu bukti bahwa Minahasa betul-betul menerapkan yang namanya torang samua basudara, torang samua ciptaan Tuhan.

Soal pemanfaatan BLT, kata bupati, juga dikelola secara maksimal oleh desa Kanonang Satu. Atas nama Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Roring mengucap syukur, banyak terima kasih, bahkan apresiasi yang tinggi kepada Hukum tua, jajaran dan masyarakat Desa Kanonang Satu atas upaya-upaya, inovasi, dan usaha-usahanya, sehingga hari ini dapat dicanangkan kampung mantap Covid-19/Kampung Mapalus Tangguh Covid-19 Desa Kanonang Satu Kabupaten Minahasa.

Akhir sambutannya Bupati Royke Roring menyampaikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, dalam persiapan kita akan memasuki new normal/ normal baru, harap kewaspadaan di desa-desa harus ditingkatkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Peresmian Kampung Tangguh Mapalus Covid-19 Desa Kanonang Satu oleh Bupati Minahasa ditandai dengan Pemukulan Tetengkoren bersama Forkopimda Kabupaten Minahasa dan di akhiri dengan peninjauan pasar rakyat “Vervolg”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapores Minahasa AKBP. Denny Situmorang,SIK. Kejari Minahasa Rahmat Budiman Taufani, SH,MKn. Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko, SH,MH, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala,M.Si. Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat Kawangkoan Barat Meidie Keintjem,S.Pd, MM, Hukum Tua Kanonang Satu Lucky Kasenda,SE, para Hukum Tua dan Perangkat Desa se Kanonang Raya.(herdy mendur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *