oleh

Dana Kelurahan Tahap Pertama di Kecamatan Kawangkoan Mulai Dimanfaatkan

TONDANO, mejahijau.com – Kawangkoan salah satu kecamatan di kabupaten Minahasa yang memiliki pemerintah kelurahan. Sejumlah Kelurahan di kawasan ini mulai melaksanakan pembangunan dengan anggaran bersumber dari Dana Kelurahan pemerintah pusat.

Camat Kawangkoan Eightmi Moniung SH mengatakan, di Kecamatan Kawangkoan ada enam kelurahan. Dan tahap pertama dari dana kelurahan sudah masuk ke rekening masing-masing kelurahan.

“Anggaran sudah keluar dan pertama untuk insentif perangkat kelurahan dan 50 persen anggaran untuk kegiatan fisik atau pembangunan,” ungkap Moniung.

Baca juga:  Dekan FISIP Unsrat Salut Gaya Kepemimpinan Eightmi Moniung

Lanjut dikatakan, masing-masing kelurahan sejak tahun lalu (2019) telah menetapkan rencana program melalui musyawarah kelurahan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dengan menggunakan dana kelurahan.

“Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dari dana kelurahan adalah lurah, tetapi harus berkoordinasi dengan lembaga yang ada di kelurahan termasuk LPM,” terang Moniung.

Kaitan dengan pergeseran anggaran dana kelurahan untuk pencegahan dan pemberantasan virus corona, Camat Kawangkoan Eightmi Moniung mengatakan, sampai sekarang belum ada petunjuk tentang pergeseran anggaran untuk penanganan dampak covid-19.

Baca juga:  Olly Dondokambey Minta Sirene 1821 Terus Dibunyikan

Di tempat terpisah Lurah Sendangan Herbie Supit,SE mengatakan, kelurahan yang dipimpinnya memiliki enam lingkungan.

Berdasar hasil musrenbang kelurahan, ditetapkan pembangunan yang bersumber dari dana kelurahan akan melaksanakan rehab saluran air, pembuatan sumur bor di 3 titik dan plat duiker.

Diketahui kecamatan yang memiliki wilayah kelurahan di kabupaten Minahasa selain Kawangkoan juga Kawangkoan Utara dan kecamatan di Tondano Raya.(herdy mendur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed