Forkompimda Minahasa Bahas Aktivitas Rumah Ibadah sampai Eceng Gondok

TONDANO, mejahijau.com – Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring M.Si bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si memimpin langsung Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) , Senin, 15 Juni 2020.

Meski rapat di rumah Dinas Bupati Minahasa itu saling bertatap muka, tetapi pertemuan sesuai protokol kesehatan dengan tetap mengatur jarak tempat duduk, dan semua yang hadir menggunakan masker.

“Saya mengajak untuk bersyukur karena atas berkat dan bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga boleh terkumpul di tempat ini untuk mengadakan rapat Forkopimda bulan Juni ini,” ucap Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring M.Si disingkat ROR.

ROR berterima kasih kepada para Forkompimda karena telah menopang program-program pemerintah dalam rangka penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Minahasa. Dan Agenda rapat saat tersebut membahas isu-isu strategis yang ada dalam masyarakat Kabupaten Minahasa.

“Pertama menindak lanjuti masalah Rombe atau Makawembeng,  persoalan Tanah Kelelondey, Rencana Pelaksanaan TMMD yang akan dimulai tanggal 30 Juni sampai pada tanggal 29 Juli nanti, Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kabupaten Minahasa dan membahas tentang pelaksanaan peribadatan di rumah rumah ibadah se Kabupaten Minahasa serta membahas tentang evaluasi  Penanganan Enceng Gondok di Danau Tondano,” papar ROR.

Beberapa catatan penting saat rapat, antara lain bahwa Forkopimda Minahasa mengharapkan semua pihak terkait dengan permasalahan tanah baik di Rombe maupun Kelelondey tetap menahan diri dan tidak melakukan hal hal yang melanggar hukum. Bersama-sama juga diminta masyarakat tak terprovokasi berbagai isue yang tidak bertanggung jawab.

“Mari kedepankan nilai-nilai kearifan lokal, yaitu Maesa-esaan, Malinga-lingaan dan Maleos-leosan,” kata ROR.

Demikian halnya, terkait upaya penanganan Covid-19 akan dapat diefektifkan, termasuk penanganan masalah enceng gondok di Danau Tondano.

Hadir pada rapat tersebut Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Slamet Raharjo, S.Sos, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH, M.Kn, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Minahasa Alex Wowiling , Asisten Pemerintah dan Kesra Sekretariat kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si dan Kaban Kesbangpol Ir. Jani Moniung.(herdy mendur) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *