oleh

Nasib 10 Warga China ‘Terjebak’ di Tambang Desa Lanut

TUTUYAN, mejahijau.com – Sebanyak 10 warga China bekerja di PT Lanut Nusa Anugerah terjebak di Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow (Boltim).

PT Lanut Nusa Anugerah yang disebut-sebut perusahaan milik Robby Wowor dan keluarganya paling bertanggungjawab terhadap nasib ke 10 WNA China.

“Torang tau perusahaan itu miliknya Om Robby Wowor. Karena tahun lalu yang kase masuk orang kepercayaan beliau daro PT Lanut Nusa Anugerah. Tetapi perusahaan tidak ada aktivitas sekarang ini,” ungkap warga Desa Lanut yang meminta namanya jangan dipublish mejahijau.com.

Kini ke 10 WNA asal China tak dapat ke mana-mana. Aktivitas perusahaan terhenti. Isu global virus corona berasal dari negera mereka semakin membuat mereka tak berdaya.

Mereka masih terjebak di Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Boltim. Para pekerja tambang ini berasal dari dua wilayah di China, yakni dari Guangxi dan Hunan.

Baca juga:  9 Pimpinan SKPD Minsel yang Baru Dilantik

Diketahui dari Guangxi menuju Wuhan pusat sebaran Virus Corona di China, jaraknya 1113 Km. Dapat ditempuh 11 jam dengan mengendarai mobil. Sementara antara Hunan dengan Wuhan jaraknya 497 Km, hanya 5 jam dengan mengendarai mobil.

Menariknya masa tinggal di Indonesia ke 10 rakyat Presiden Xi Jinping yang bekerja di PT Lanut Nusa Anugerah telah kadaluarsa alias sudah berakhir.

Diantara mereka, empat orang memiliki izin tinggal sampai 29 Maret 2020. Dan tiga lainnya berakhir 18 April 2020, sementara tiga orang lagi tak jelas kapan berakhir.

Sangadi (Kepala Desa) Lanut Steidie Donald Mumek mengakui aktivitas 10 warga China itu sepertinya sudah pada tahap yang mengkuatirkan.

Dorang dapa lia rupa so bingong-bingong nintau mo bekeng apa. Ba tambang tidak jalan, nintau apa yang dorang da kerja,” ungkap Sangadi Mumek kepada mejahijau.com.

Baca juga:  94 Persen Pasien RS Budi Setia Langowan Gunakan BPJS

Para WNA China kesemuanya laki-laki. Mereka bekerja di PT Lanut Nusa Anugerah. Salah seorang WNA bertindak sebagai manajer proyek, satu lagi sebagai manajer kontrol kualitas, dan lainnya sebagai mechanical and electrical engineer.

Sayangnya Robby Wowor maupun manajemen PT Lanut Nusa Anugerah hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi wartawan media ini.

Berikut nama-nama dan asal sepuluh WNA China di Desa Lanut:

  1.  Weitang Huang, Guangxi, 02 Juni 1968
  2.  Fadong Du, Guangxi, 15 Nopember 1966
  3.  Yunjian Liang, Guangxi, 01 Juli 1989
  4.  Manlin Huang, Guangxi, 03 Oktober 1963
  5.  Guangde Yang, Guangxi, 05 Oktober 1976
  6.  Canxian Feng, Guangxi, 28 Nopember 1993
  7.  Tang Jiantuan, Hunan, 15 Agustus 1969
  8.  Li Wencai, Hunan, 23 Mei 1968
  9.  Zhou Yuejun, Hunan, 05 April 1969
  10. Li Guang, Hunan, 18 Desember 1984.(liputan tim redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed