oleh

Pasar Lokal ‘Talun’ Tak Kalah dengan Pasar Kawangkoan

TONDANO, mejahijau.com – Pasar lokal desa dan kelurahan di wilayah kabupaten Minahasa termasuk di Kawangkoan Raya semakin disukai warga. Pasalnya pasar lokal semakin digandrungi warga berbelanja kebutuhan pokok keluarga.

Bahkan pasca penutupan sementara pasar ‘Esa Waya’ Kawangkoan, para pedagang yang awalnya kebingungan akan berjualan dimana, justru kini dapat tempat berjualan baru di pasar lokal yang difasilitasi pemerintah Kelurahan dan Desa di Kawangkoan Utara.

Lurah Talikuran Denny Mapasa SE mengatakan, ada banyak kebutuhan pokok yang dijual oleh pedagang di pasar ‘Talun’ (Talikuran Uner) Kawangkoan Utara yang lokasinya disimpang empat kompleks SMP Negeri 1 Kawangkoan.

“Bicara kebutuhan pokok seperti beras, rica, tomat, sayur mayur, daging, ikan kering, ikan laut dan lainnya tersedia di pasar lokal ‘Talun’ yang dibuka Pak Camat Fabian Mendur hari senin lalu,” ucap Mapasa.

Baca juga:  Abaikan Perbup Minahasa, Camat Fabian Mendur 'Warning' Keras Apotik Kimia Farma

Lanjut Lurah Talikuran ini, para pedagang yang berjualan di pasar lokal Talikuran Uner adalah pedagang atau ‘tibo’ yang memang berdagang di pasar ‘Esa Waya’ Kawangkoan yang ditutup sementara berjumlah kurang lebih 20-an pedagang.

Demi kenyamanan para pedagang dan pembeli wajib, lanjut Mapasa, semua harus mengikuti protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan cara memakai masker, rajin cuci tangan dan tetap menjaga jarak saat di lokasi pasar.

Selain itu, semua pedagang diwajibkan menyiapkan tempat sampah sendiri-sendiri.

Baca juga:  Pelihara Kamtibmas, Polsek Touluaan Intensifkan Patroli Cipta Kondisi

Sementara Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur SPt MM mengatakan, pasar lokal di Kawangkoan Utara ada di beberapa lokasi di wilayah yang berdekatan, antara Talikuran dan Uner, antara Talikuran Utara dan Barat juga di Kiawa.

Menurutnya, upaya pemberantasan penyebaran virus corona (covid-19) harus dilakukan bersama oleh seluruh warga dengan mengikuti imbauan-imbauan yang terbilang sudah cukup lama disampaikan pemerintah.

Bahkan pada Rabu, 03 Juni 2020, Camat Kawangkoan Utara ini langsung memonitor lokasi-lokasi pasar lokal untuk kesiapan aktifitas pasar besok harinya.

Diketahui pasar lokal di kelurahan di Kawangkoan Utara secara resmi dibuka Camat Fabian Mendur Senin lalu disaksikan Ketua Komisi III DPRD Minahasa, Drs Dharma Palar, Kasat Pol-PP Minahasa Meidy Rengkuan, SH MAP, para lurah dan masyarakat sekitar.(herdy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed