oleh

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Ini Yang Dilakukan Gubernur Olly Dondokambey

SELURUH warga terdampak pandemi Virus Corona atau Covid-19 mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi se Sulawesi Utara (Sulut).

Sepanjang bulan Mei 2020, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw bersama jajaran menyalurkan bantuan di seluruh kabupaten-kota.

Seperti dilakukan pada Selasa,  26 Mei 2020, gubernur bersama jajaran Forkopimda Sulut terjun langsung menyisir daerah kepulauan di Kabupaten Minahasa Utara.

Di sela-sela menyalurkan bantuan kepada warga kepulauan, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw sempat menyemangati para bocah kepulauan untuk naik Jet Ski.

Bantuan yang disalurkan dalam bentuk paket bahan pokok berupa lima (5) kilogram beras, 10 bungkus mie instan, satu (1) liter minyak goreng, tiga (3) kaleng ikan siap saji, dan lima (5) lembar masker.

Bertolak dari dermaga Kima Bajo pada pagi hari itu, Gubernur Olly dan rombongan menggunakan jet ski menyeberangi lautan untuk membagikan bantuan di Pulau Gangga, Talise, Kinabuhutang, dan Bangka.

Pun jumlah paket sembako yang dibagikan sebanyak 2.768 paket dengan rincian 745 paket di Pulau Gangga, 745 paket di Pulau Talise, 353 paket di Pulau Kinabuhutan, dan 925 paket di Pulau Bangka.

Gubernur Olly Dondokambey serahkan langsung bantuan kepada warga terdampak covid-19 di pesisir kepulauan.

Bantuan diserahkan Gubernur Olly melalui lembaga keagamaan sebelum dibagikan door to door ke rumah-rumah warga agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif.

Hal itu dilakukan guna mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing sesuai kesehatan protokol Covid-19.

Sebelumnya, Jumat, 22 Mei 2020), Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Steven OE Kandouw dan jajaran Forkopimda Sulut, memacu jet ski menyeberangi lautan untuk menyalurkan 2.043 paket di Pulau Mantehage dan Pulau Nain, di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Baca juga:  Masyarakat Minsel Doakan Papua dan Keutuhan NKRI

Pada Senin, 18 Mei 2020, Gubernur Olly dan jajaran Forkopimda telah membagikan 1.066 paket sembako kepada warga Kota Manado terdampak covid-19 di Pulau Siladen, Pulau Bunaken, dan Pulau Manado Tua. Total dalam lima hari, Pemprov Sulut bersama Forkopimda membagikan 3.109 paket sembako kepada warga terdampak covid-19 di lima pulau di wilayah Manado dan Minahasa Utara.

Pada tanggal 16 Mei 2020, Gubernur Olly Dondokambey diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Edison Humiang membagikan 3200 paket sembako kepada masyarakat Pulau Lembeh Kota Bitung melalui Ketua BPMW GMIM Bitung 4 Pdt Yohanes Rambing, Ketua BPMW Bitung 6 Pdt Jems Mailuhu, perwakilan GPdI, KGPM Kecamatan Lembeh Selatan dan perwakilan GPDI, KGPM Kecamatan Lembeh.

Kamis, 14 Mei 2020, Pemprov Sulut melalui Dinas Sosial yang dipimpin Rinny Tamuntuan membagikan paket sembako di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kali ini sebanyak 574 paket sembako yang dikemas dalam tas berisi 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker didistribusikan di Kabupaten Minsel.

Paket sembako tersebut disalurkan melalui rumah ibadah berdasarkan surat permohonan dan lampiran data penerima yang disampaikan sebelumnya oleh pimpinan lembaga keagamaan ke Pemprov Sulut.

Pembagian terdiri dari 28 paket sembako di GPdI Smirna Paslaten, 221 paket di GMIM Pniel Sulu, 300 paket di GMIM Syalom Lelema, dan 25 paket di GPdI Narwastu Sulu.

Bukan saja hanya warga yang menerima bantuan, bahkan tenaga medis juga mendapat perhatian Pemprov Sulut. Pemberian bantuan produk olahan ikan tuna sebagai asupan protein kepada para dokter dan perawat juga disalurkan. Untuk menjaga imunitas tubuh para dokter dan perawat dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya sebagai garda terdepan penanganan covid-19 disalurkan 100 pax tuna frozen dan 100 pax tuna kaleng untuk tim medis RS Prof Kandou, serta 42 pax tuna frozen, dan 42 pax tuna kaleng kepada tim medis RS Wolter Monginsidi.

Baca juga:  Kades Kanonang Satu Pembicara Seminar Nasional Bertajuk "Desa Dalam Badai Covid-19"

Sementara pada Selasa, 5 Mei 2020, Gubernur bersama rombongan bertolak dari Manado menyisir jalur laut dengan speed boat dan kapal menuju wilayah pantai utara Sulut, yaitu Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Gubernur Olly Dondokambey di atas Jet Ski merasa puas dapat membuat warga terbantukan di tengah krisis pandemi Covid-19.

Kata Olly, upaya pencegahan covid-19 harus dilakukan kepada semua masyarakat karena obat dan vaksin corona belum ditemukan hingga kini.

Gubernur juga mengajak warga untuk gemar berolahraga dan gemar makan ikan yang mengandung protein tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Jalan satu-satunya yang boleh torang lakukan dan torang harus bersama-sama lawan covid-19 yaitu bagaimana torang harus sehat. Olahraga supaya terhindar karena saat ini obat antivirus corona torang belum dapa. Tetap jaga jarak, gunakan masker, dan jangan keluar rumah kalau tidak perlu.

“Ikuti semua arahan pemerintah untuk kebaikan kita semua,” ungkap Olly.(adve)

Rekap bantuan Pemprov Sulut sampai Senin, 25 Mei 2020:

Minut                  : 28.601

Minahasa           : 12.955

Manado              : 49.214

Bitung                 : 16.332

Bolsel                  : 150

Tomohon          : 8.869

Mitra                  : 1.922

Boltim                 : 1.152

Bolmut               : 3.150

Minsel                 : 11.244

Kotamobagu      : 9.751

Bolmong            : 6.367

Sangihe               : 3.223

Sitaro                  : 4.133

Talaud                 : 4.044

Total 161.107 Paket. (sumber Dinsos Sulut)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed