oleh

Kolonel Inf Eddy Kasmadi Apresiasi Keberhasilan Primkop Kartika Manguni

TONDANO, mejahijau.com – Primer Koperasi (Primkop) Kartika Manguni Komando Distrik Militer (Kodim) 1302 Minahasa, Jumat 15 Mei 2020, pukul 14.00 Wita, menggelar Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2019, di Aula Makodim Jalan Manguni, Kelurahan Sasaran, Tondano Utara, Minahasa.

Sembari memperhatikan social distancing (jaga jarak), RAT dibuka Kepala Staf Kodim 1302 Minahasa, Mayor Inf Feky Welang, mewakili Komandan Kodim Letkol Inf Slamet Raharjo, S.Sos, M.Si.

Hajatan tahunan Primkop Kartika Manguni dihadiri Kepala Pusat Koperasi (Kapuskop) Kartika Merdeka Kolonel Inf Eddy Kasmadi, dan disaksikan Kadis Koperasi Kabupaten Minahasa Frangklin Rumbayan.

Saat RAT dimulai, Kapuskop Kartika Merdeka Kolonel Inf Eddy Kasmadi memberikan arahan kepada seluruh peserta diantaranya para Perwira Seksi Kodim, para Danramil, dan Plh Danramil, serta Anggota Perwakilan masing-masing Koramil, serta Anggota Staf Makodim.

Suasana RAT Primer Koperasi Kartika Manguni Kodim 1302 Minahasa yang digelar di Markas Kodim Minahasa, di Tondano

Sambutan Kol Inf Eddy Kasmadi mengawali dengan ungkapan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas ijin dan karuniaNya yang berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Baca juga:  Welly Titah Genjot Program Pro-Rakyat

Lanjut dikatakan, sesuai tatanan dan aturan yang berlaku dalam koperasi, bahwa Rapat Anggota merupakan kekuasaan tertinggi yang berhak menetapkan suatu kebijakan, dan mengevaluasi segala kegiatan pengurus, serta merumuskan langkah-langkah yang akan ditempuh pada kurun waktu kedepan dengan mengingat peran yang strategis dari Forum Rapat Anggota.

“Saya mengharapkan adanya partisipasi aktif peserta Rapat, untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan Koperasi Kartika kedepan. Karena pada dasarnya, Koperasi Kartika adalah badan usaha yang diakui keberadaannya oleh Undang-Undang serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarga khususnya dalam aspek ekonomi,“ paparnya.

Dalam pengembangan dan pemberdayaan usaha koperasi, sering diperhadapkan dengan berbagai dinamika dan permasalahan.

“Dan itu membutuhkan sumbangan pemikiran secara bersama-sama, guna mencari solusi dalam menghadapi perkembangan ekonomi nasional secara global dan dinamis,” kata Kol Eddy Kasmadi.

Lanjut dikatakannya, dengan semangat kebersamaan, kemandirian dan kinerja yang baik serta sejalan dengan perwujudan kemandirian usaha koperasi serta menciptakan inovasi yang baru dalam memanfaatkan dan mengembangkan, setiap peluang usaha merebut pangsa pasar, koperasi ini dapat menunjang kesejahteraan prajurit dan PNS TNI-AD beserta keluarga menjadi lebih baik.

Baca juga:  Liburan Panjang, Kodim Minahasa Malah Siagakan Pasukan

Memperhatikan perkembangan ekonomi nasional saat ini, Koperasi Kartika sebagai Badan Usaha diharapkan dapat memodernisasi sistem manajemennya dengan membenahi dan mengoptimalkan pemanfaatan serta pemberdayaan asset yang dimiliki sehingga tidak terjadi penyerobotan asset oleh pihak lain.

“Partisipasi anggota merupakan kunci keberhasilan organisasi dan usaha koperasi yang dilandasi pada prinsip identitas gandanya, yaitu sebagai pemilik yang wajib berpartisipasi dalam membuat suatu keputusan, pengawasan dan penyertaan modal, sekaligus anggota sebagai pengguna yang wajib memnafaatkan fasilitas, layanan, barang maupun jasa yang disediakan oleh Koperasi,” urainya.

Pada akhir sambutan, Kapuskop Kol Inf Eddy Kasmadi mengungkapkan, sisa hasil usaha (SHU) Koperasi Kartika Manguni dilihat dari neraca tahun 2019 terbilang cukup berhasil.

“Saya atas nama Puskop Kartika Merdeka menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya, semoga keberhasilan yang dicapai ini dapat ditingkatkan lagi dengan mengimplementasikan aspek pengelolaan koperasi, antaranya, Sehat Organisasi (Koperasi), Sehat Mental (personil), Sehat Usaha (Modal) serta Sehat Keuangan (Sistem Manajemen).(mc/udin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed