Bupati ROR Serahkan BLT kepada 18.696 KK

TONDANO, mejahijau.com – Bupati Minahasa DR Ir Royke O Roring, MSi, Jumat 8 Mei 2020, salurkan  Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak covid 19.

Penyerahan BLT bersumber dari Dana Desa (DD), dilakukan secara simbolis di Desa Kembuan Satu, Kecamatan Tondano Utara, Minahasa.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, Dandim 1302 Minahasa Letkol InfbSlamet Raharjo, Kejari Tondano diwakili Kasie Intel Nuprianto Sihombing.

Informasi yang dilansir media ini, penerima BLT diserahkan secara non tunai lewat Bank Sulutgo. Untuk Kecamatan Tondano Utara, yakni Desa Tonsea Lama dengan jumlah penerima 104 KK, Desa Kembuan 100 KK, Desa Kembuan Satu 66 KK.

Kepala Dinas PMD Jefry Tangkulung menjelaskan, Dana Desa 2020 dibagi dalam 3 tahap pengerjaan di antaranya adalah Bantuan Langsung Tunai.

Saat ini ada tiga kebijakan dari Menteri Desa dalam penganggaran Dana Desa, yakni kegiatan padat karya tunai, penanggulangan Covid-19, dan BLT.

Adapun penerima BLT se kabupaten minahasa berjumlah 18.696 Kepala Keluarga.

Bupati Minahasa Royke Roring dalam sambutannya mengatakan, menghadapi pandemi covid-19, Pemkab Minahasa berterimakasih kepada Presiden dan Wakil Presiden juga Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang selalu melihat kesengsaraan rakyat.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa bersyukur ada perhatian dari pemerintah pusat yakni pak Presiden dan pak Wakil Presiden ketika warga ada dalam situasi situasi seperti ini langsung bantuan dianggarkan. Bantuan selain dari pemerintah pusat, rakyat Minahasa juga mendapat perhatian dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” ungkapnya.

Bupati Roring berharap, BLT yang disalurkan ke setiap desa dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan keluarga.

“Jangan disalah gunakan. Karena jika salah gunakan, maka bantuan ini tidak akan diberikan ke penerima awal, namun akan dialihkan ke warga yang betul-betul membutuhkannya,” tegas Roring.

Menghadapi pandemi Covid-19, Pemkab Minahasa menganggarkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Minahasa sebesar Rp 59 miliar untuk Bidang Kesehatan dan Bantuan Sosial.

Penyerahan bantuan dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Frits R Muntu, S.Sos, Asisten Satu Denny Mangala, Kadis PMD Jefry Tangkulung, Camat Tondano Utara Ivone Wilar, dan Hukum Tua Desa serta perangkat desa setempat.(udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *