Satu dari Dua Suspect Corona Sembuh, Jumlah PDP di RSUP Kandou Ikut Berkurang

MANADO, mejahijau.com – Satu dari dua pasien yang positif virus corona di Sulawesi Utara dinyatakan sembuh. Pernyataan itu disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, saat jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Kamis, 26 Maret 2020.

“Dia adalah pasien pertama yang terkonfirmasi positif corona. Kini sampel pemeriksaan laboratorium yang ketiga kali, hasilnya negatif,” ungkap Dandel.

Kondisi pasien kasus ke 58 atau pasien positif corona pertama di Sulut ini, kata dia, terus menunjukkan gejala membaik. Bahkan pada hasil pemeriksaan sebelumnya atau hasil lab kedua, juga negatif.

“Dan ini menjadi dasar yang kuat, bahwa bisa disebutkan pasien ke 58 itu berangsur sembuh,” tandasnya.

Dandel menginformasikan kalau pasien tersebut saat ini sudah keluar dari ruangan isolasi. Namun begitu, penanganan medis tetap dilakukan untuk mengontrol penyakit lain penyertaannya.

“Sebelumnya pasien ini mengalami sakit diabetes. Diabetes melitus serta gangguan ginjal,” kata dr Dandel.

Bukan hanya itu, hasil laboratorium pendampingnya yang tak lain ada istrinya juga negatif corona.

Menurutnya, perhatian utama tenaga medis RSUP Prof Kandou Manado adalah kondisi penyakit penyerta pasien ke 58 itu yang lumayan berat.

“Jadi walau bersangkutan sudah keluar dari ruangan isolasi, masih akan dilakukan perawatan intensif,” terangnya.

Hal itu karena penyakit penyerta cukup banyak, sehingga tim medis berupaya untuk menyelesaikan masalah itu.

Selain itu, Jubir Satgas Covid-19 Sulut ini menyebutkan, pasien kategori dalam pengawasan atau PDP di Kota Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya juga berkurang dari 14 pasien menjadi 12 orang.(ferry lesar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *