oleh

Elly-Moktar Dilantik, Begini Ungkapan Hati Olly Dondokambey

MANADO, mejahijau.com – Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga dilantik resmi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud di Sasana Bhakti Praja gedung C, Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Februari 2020.

Keduanya dilantik bukan oleh Gubernur Sulawesi Utara, tetapi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Prof Drs Hi Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D.

Gubernur Olly Dondokambey tidak terlihat pada pelantikan Elly-Moktar. Bukan hanya itu, tidak satupun batang hidung pejabat Pemerintah Provinsi Sulut yang tampak di ruang pelantikan.

Usut per usut, terinformasi kalau Gubernur Olly Dondokambey sedang berada di Kota Manado menjalankan kewajibannya untuk pelaporan pajak tahunan.

Baca juga:  Pemkab Talaud Harapkan Gereja Terus Bersinergi dengan Pemerintah

Soal dirinya tak hadir pada pelantikan Elly Engelbert Lasut-Moktar Arunde Parapaga, Gubernur Olly tegas menjawab, bahwa pelantikan adalah urusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Olly Dondokambey memberikan tanggapan normatif bahwa pelantikan Elly-Moktar merupakan jawaban Kemendagri atas pertanyaan yang diajukannya soal status Elly Engelbert Lasut.

“Kita tidak menghalangi, kalau kita halangi SK penerbitan kita ndak tandatangan usulan ke Kemendagri, (tetapi) kita (saya) tanda tangan, hanya menanyakan putusan MA mo diapain?,” katanya.

Menurut Olly, sikap gubernur sedari awal sudah jelas. Kemendagri yang memulai, dan dia (Kemendagri) yang mengakhiri, katanya dihadapan sejumlah wartawan di atrium Kantor Gubernur Sulut di Jalan 17 Agustus Manado, Rabu siang, 26 Februari 2020.

Baca juga:  Kota Bitung Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

“Ternyata Mendagri jawab, supaya pak gubernur tidak ragu, saya (Mendagri) yang lantik, selesai aman,” katanya lagi.

Hanya saja, lanjut Olly, jika kemudian nantinya ada gugatan atas pelantikan tersebut, itu sudah bukan urusan Pemprov Sulut lagi.

Soal Bupati dan Wakil Bupati Talaud akan segera menemuinya, Gubernur Olly menimpali, intinya setiap kepala daerah wajib berkoordinasi dengan gubernurnya.

Ketidakhadirannya pada pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Olly Dondokambey mengatakan, sebagai kepala daerah dirinya lebih memilih untuk menjalankan kewajiban dan memberi contoh kepada masyarakat untuk taat pajak.

“Saya wajib pajak. Di sana kan ada Kemendagri,” sergahnya.( arya/ferry lesar/)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed