oleh

Seriusi Wisata Alam, Sumendap Studi Banding ke Kabupaten Badung

Ratahan, mejahijau.com – Bupati James Sumendap, SH dalam kunjungan kerja ke Kabupeten Badung, Provinsi Bali, Senin, 27 Januari 2020, mengatakan, tahun 2020 akan menjadi tonggak untuk mengembangkan berbagai potensi alam yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Berbagai hal akan dilakukan untuk mengembangkan destinasi wisata, di antaranya melakukan studi banding ke Pemkab Badung.

Adapun yang menjadi perhatian Pemkab Mitra yakni kiat dan strategi membangun pariwisata. Kedepan pengembangan pariwisata akan menjadi sektor strategis yang akan dibangun Pemkab Mitra, mulai dari potensi laut, hutan, gunung, akan terus dikembangkan.

“Kedatangan ke Pemkab Badung salah satu media untuk melihat cara dan kiat untuk mengetahui bagaimana membangun pariwisata di Bali,” ungkap Bupati James Sumendap didampingi staf khusus DR Tony Pandaleke, MPd, Kabag Umum Arce Kalalo, SH, dan Kasub Protokol Ezra Tumigolung.

Pertemuan antara Pemkab Mitra dengan Pemkab Badung disepakati kerja sama dalam rangka membangun pariwisata.

Baca juga:  Pemkab Talaud Salurkan APD kepada Relawan Covid-19 Tampan’amma

“Saya akan tugaskan Kadis Pariwisata untuk menindaklanjuti hal-hal teknis yang akan dituangkan dalam nota kerja sama ini. Diharapkan ke depan pariwisata di Mitra bisa berkembang dengan baik dan dapat menjadi salah satu sektor pendapatan daerah,” pungkasnya.

Sementara Kadis Pariwisata Pemkab Badung Ir I Made Badra, MM, didampingi Ida Ayu Anggreni Pudja, Kabid Daya Tarik Wisata yang menerima kunjungan kerja Bupati Mitra dan rombongan mengungkapkan, Bali merupakan kawasan pariwisata besar yang didalamnya memiliki keunikan karena pariwisata yang dibangun berbasis kearifan lokal.

“Karakter masyarakat Bali berproses cukup lama sehingga pariwisatanya bisa berkembang. Masyarakat Bali secara umum memahami lebih dahulu apa yang bisa dan tidak bisa diterima. Jadi karakter masyarakat yang siap menerima berbagai bentuk budaya luar tetapi kemudian tidak terpengaruh adalah kunci suksesnya sektor pariwisata di Bali. Itulah kemudian dikatakan pariwisata Bali dibangun dengan kearifan lokal,” papar I Made Badra.

Baca juga:  Jokowi Tambah Rp55,21 Triliun untuk Bansos dan UKM, Berikut Rinciannya

Lanjut diungkapkan, kedepan setelah ada perjanjian kerja sama antar kedua daerah, maka Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata akan ikut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Mitra baik didalam maupun di luar negeri.

“Jika kerjasama telah dilakukan maka destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mitra akan juga kami promosikan baik didalam maupun di luar negeri, sebagaimana yang selama ini kami lakukan untuk promosi pariwisata yang ada di Bali,” tambah I Made Badra.

Kabag Umum Setda Arce Kalalo, SH, mewakili bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah menerima rombongan Pemkab Mitra. “Harapanya hubungan baik kedua daerah akan terus dijaga dan dipertahankan, sehingga kedepannya kerjasama bukan hanya di sektor pariwisata tapi juga di sektor-sektor lainnya,” tutup Kalalo.(fanly tangel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed