oleh

Desa Kali Oki Lebih Mendekatkan Aplikasi Layanan Publik

RATAHAN, mejahijau.com – Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Desa Kali Oki, Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), siap hadirkan beberapa program unggulan yang disepakati bersama.

“Hasil musrenbang yang telah dilaksanakan, kami telah menyimpulkan beberapa program unggulan yang bakal direalisasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Kepala Desa Vanly Pongulu kepada wartawan di Kantor Desa Kali Oki, Senin, 27 Januari 2020.

Lanjut dikatakan, para develope system manajemen atau ‘Surat Berbasis Web’, menjadi program inovasi unggulan Desa Kali Oki pada tahun 2021 mendatang.

Menurut Pongulu, surat berbasis web nantinya akan dioperasikan dalam bentuk aplikasi mobile akan sangat membantu masyarakat dalam pengurusan administrasi atau dokumen-dokumen berkaitan dengan pemerintah desa tersebut.

“Jika program ini terealisasi, masyarakat Desa Kali Oki semakin dimudahkan dalam pengurusan berkas-berkas berkaitan dengan pemerintah desa,” ucapnya bahwa nantinya aplikasi tersebut dioperasikan secarah online.

Baca juga:  Pemerintah Desa Kali Oki Salurkan Bantuan Pelajar

Jika ada masyarakat yang memerlukan surat keterangan (SK) domisili, lanjut dia mencontohkan, bersangkutan bisa dapat memperoleh SK domisili langsung dari aplikasi tersebut.

“Kemudian tinggal di print-out dan tentu telah melalui verifikasi data penduduk secara otomatis lewat aplikasi dan memperoleh tandatangan electronik dari Kepala Desa atau Hukum Tua,” jelas Pongulu.

Ditambahkannya, dokumen-dokumen secara umum persyaratannya berkaitan dengan pemerintah desa yang memerlukan persetujuan atau tandatangan Hukum Tua, nantinya bisa diperoleh dari aplikasi tersebut.

“Seluruh data-data penduduk Desa Kali Oki, akan masuk dalam aplikasi ini. Jadi, semua proses permohonan atau pembuatan dokumen akan terverifikasi secara otomatis dan melalui persetujuan secara online dari Hukum Tua atau admin dari aplikasi ini,” terangnya.

Baca juga:  Dinkes Sangihe Rawat 7 Kasus Gizi Buruk

Jika program di desanya terakomodir, kata Pongulu, maka surat berbasis web dalam bentuk aplikasi online akan segera launcing sekitar bulan Mei atau Juni tahun berjalan ini.

Menurutnya keunggulan aplikasi tersebut bukan hanya itu. Beberapa program unggulan juga masuk dalam skala prioritas dalam musrenbang Desa Kali Oki untuk tahun 2021.

Program-program unggulan yang masuk dalam skala prioritas, meliputi pembangunan sarana pra-sarana yaitu peningkatan jalan perkebunan dengan panjang 1500 meter, lanjutan pembangunan jalan turap di pinggiran danau dengan panjang sekitar 800 meter yang akan di paving, perbaikan dan perawatan lapangan olahraga dan pelatihan bagi kelompok-kelompok usaha Desa Kali Oki.(fanly tangel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed