oleh

Bantuan Cepat Disalurkan Pemprov Sulut untuk Korban Banjir di Desa Lebo

MANADO, mejahijau.com – Pemerintah Sulawesi Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut mengirimkan bantuan kebutuhan dasar kepada warga terdampak banjir bandang di Desa Lebo, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat, 03 Januari 2020.

Bantuan disalurkan leat kapal laut yang berangkat malam ke Tahuna melalui lewat pelabuhan Manado.

Kepala BPBD Sulut, Joi Oroh mengatakan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menginstruksikan pihaknya untuk bergerak cepat dan tanggap bencana, termasuk menyalurkan bantuan kepada para korban bencana.

Baca juga:  Kapolda Irjen Panca Pastikan Pengamanan Nataru di Kabupaten Minahasa

“Ini bantuan awal Pemprov Sulut agar masyarakat yang terdampak bencana di Sangihe bisa terbantukan,” katanya.

Adapun bantuan yang disalurkan untuk membantu para korban, antaranya Beras, Ikan Kaleng, Gula Pasir, Mie Instan, Matras, Selimut dan Tikar Plastik.

Bencana yang menghujam Desa Lebo diketahui akibat cuaca ekstrim hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Manganitu.

Bencana banjir terjadi mulai pagi hari pukul 06.00 WITA. Kurang lebih 80 kepala keluarga mengungsi akibat banjir bandang. Sementara data yang diperoleh terdapat korban jiwa 3 orang, dan 6 orang dirawat di rumah sakit Tahuna.

Baca juga:  Bupati Gaghana: TMMD 112 Kodim 1301 Sangihe Terlaksana dengan Baik

Para korban banjir kini mengungsi ke rumah penduduk lainnya dan gedung gereja.

Sementara BPBD, SAR, TNI, Polri, relawan dan masyarakat terus melakukan penanganan di lokasi bencana. Di tempat itu juga telah dibentuk posko bantuan sementara.(arya/hps)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed