oleh

Puskesmas Tambelang Pertama Menerima Akreditasi Utama di Kabupaten Mitra

RATAHAN, mejahijau.com – Prestasi membanggakan ditorehkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Tambelang, Kecamatan Touluaan Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

dr Marsel Potalangi sebagai menejer akreditasi mengatakan, Puskesmas Tambelang satu-satunya Puskesmas di Kabupaten Mitra yang terakreditasi utama oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia RI.

“Capaian membanggakan ini merupakan akreditasi utama dan yang pertama-tama untuk Puskesmas di Kabupaten Mitra,” ungkap dr Potalangi kepada mejahijau.com, Sabtu, 21 Desember 2019.

Ia mengaku, bukan hal yang mudah bagi Puskesmas Tambelang untuk meraih akreditasi utama. Itu berhasil diraih berkat kerjasama lintas program, lintas sektor, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, tim pendamping akreditasi serta Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra.

Baca juga:  Ratusan Anak PAUD Minahasa Ikut Lomba Mewarnai

“Setiap proses pastinya ada kendala dan halangan, tapi berkat kerjasama dan komunikasi yang baik, semua kendala dan halangan dapat diminimalisir,” katanya.

Potalangi berharap, dengan capaian itu, pelayanan Puskesmas Tambelang akan lebih baik lagi ke depan dan dapat dipertahankan oleh semua pemberi pelayanan di Puskesmas tersebut.

“Hasil ini menjadi titik awal untuk puskesmas dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap dia.

Tingkat kelulusan akreditasi ini, lanjut dr Potalangi, berdasarkan beberapa elemen penilaian yang terdiri dari administrasi, upaya kesehatan perseorangan, dan upaya kesehatan masyarakat atau pelayanan kesehatan luar gedung puskesmas seperti Posyandu.

Baca juga:  Soal Dugaan Pemotongan Insentif Nakes, dr Deisye Liuw Klarifikasi Penyaluran Sesuai Juknis Kemenkes

dr Helny Ratuliu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra juga mengaku, pihaknya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang dicapai Puskesmas Tambelang.

Walaupun berlokasi di pelosok terpencil, namun mampu menjadi contoh puskesmas-puskesmas lain yang ada di Kabupaten Mitra.

“Semua capaian itu tentu atas dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Mitra di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi,” pungkasnya.(fanly tangel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed