Berkat Dukungan GSVL, Operasi Bibir Sumbing Rahayu Berhasil

MANADO, mejahijau.com – Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, menyambangi Kelurahan Titiwungen Selatan Lingkungan III, untuk menyaksikan langsung kondisi Rahayu Poli (2), penderita labio platoschisis atau bibir sumbing akut, yang menjalani operasi.

Sebelum dioperasi, Rahayu mendapatkan donasi dari Walikota Vicky Lumentut bersama Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE, untuk dirujuk ke RSGM UNPAD Bandung menjalani operasi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Ivan Sumenda Marthen mengatakan kalau Rahayu telah sukses menjalani operasi dengan kondisi kesehatan baik.

Menurut Sumenda, Rahayu dioperasi oleh Prof Mahkkoto Noguchi bersama tim Team Japanese Cleft Palate Fondation (JCPF) yang terdiri dari 9 dokter ahli dari Jepang. Kami semua bersyukur karena operasi telah berjalan dengan baik,” kata Sumenda kepada wartawan, Minggu, 04 Desember 2019.

Dikatakannya, Clef Lep And Palate (CLP) adalah suatu kelainan bawaan yang terjadi pada bibir bagian atas serta langit langit mulut, gangguan ini dapat terjadi bersamaan.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia dikenal dengan bibir sumbing yang merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi.(arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *