oleh

Lomban Buka Festival Walimah dan Tablig Akbar 1441 Hijriah

BITUNG, mejahijau.com – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban buka Festival Walimah dan Tablig Akbar 1441 Hijriah yang dikasanakan DPC KKIG (Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo) Kota Bitung, Senin, 18 November 2019.

Kegiatan dipusatkan di depan SD Negeri I Bitung itu, sambutan Walikota Lomban mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana hasil kolaborasi antara KKIG Kota Bitung dengan Pemerintah Kota Bitung.

Walikota mengajak seluruh peserta memanjatkan syukur kepada Tuhan YME sehingga acara budaya Gorontalo itu dapat dilaksanakan di Kota Cakalang.

Dikatakan, kegiatan tersebut dapat memberi manfaat untuk terciptanya silahturahmi antara warga Gorontalo dengan masyarakat Kota Bitung serta dapat melestarikan adat budaya Gorontalo.

“Kota Bitung merupakan daerah majemuk dimana ada berbagai macam adat budaya didalamnya sehingga Pemerintah Kota Bitung mempunyai tugas untuk terus melestarikan budaya masyarakat yang ada, sehingga menjadi kekayaan tersendiri bagi Kota Bitung,” kata Lomban.

Baca juga:  Institut Lembang 9 Sorot Skandal Mengajar di IAIN Manado

Lanjutnya, Kota Bitung dikenal sebagai Kota Cakalang tetapi beberapa kebijakan ketika perikanan Kota Bitung jatuh dari pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014 sebesar 7.1%, pada tahun 2015 melambat sebesar 3.6%.

“Dan sebagai walikota saya harus mencari jalan bagaimana caranya supaya ekonomi di Bitung naik lagi sambil menunggu kenaikan di sektor perikanan namun tetap juga lambat sekali. Regulasinya pantas dirubah sehingga kontribusi sektor perikanan terlihat. Mungkin sulit kita mengharapkan perubahan secepat yang kita inginkan,” papar Lomban.

Dia berharap, dari festival Walimah dapat menjadi daya tarik wisatawan sehingga memberikan citra yang baik kepada Kota Bitung sebagai kota toleran yang kaya akan adat budaya.

“Pemerintah Kota Bitung mengapresiasi kehadiran Wakil Ketua DPR-RI Rahmad Gobel yang turut menyaksikan Festival Walimah sehingga memberikan semangat tersendiri bagi masyarakat dalam rangka membangun Kota Bitung yang sejahtera,” pungkasnya.

Baca juga:  Lomban: Inovasi Adalah Kunci Menuju Kota Sehat

Sementara Wakil Ketua DPR-RI Rahmad Gobel dalam sambutannya menyatakan, kedatangannya ialah untuk mendukung Festival Walimah yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Bitung.

“Walikota Bitung menunjukan kecintaanya kepada semua masyarakat dengan mendukung kegiatan adat seperti ini. Hajatan ini untuk membangun tali silaturahmi serta kerukunan, membangun kebanggaan serta menjadikan kegiatan ini sebagai fondasi untuk membangun perekonomian Kota Bitung,” ucap Gobel.

Untuk itu, kata dia, kedepan dirinya akan mendukung penyelenggaraan festival Walimah karena kegiatan seperti ini harus dilestarikan.

Turut hadir saat itu Bupati Bonebolango, unsur DPRD Provinsi Sulawesi Utara, dan dewan Kota Bitung, Forkopimda Kota Bitung, Ketua TPPKK Kota Bitung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Bitung, dan peserta festival Walimah.(herry dumais)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed