Kenakan Pakaian Adat Minahasa, Bupati ROR Terima Penghargaan Swasti Saba

JAKARTA, mejahijau.com – Bupati Minahasa, Ir Royke Octavian Roring, M.Si menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten Sehat 2019 yang diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam acara yang berlangsung di Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa, 19 November 2019.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kabupaten Minahasa setelah melalui proses verifikasi tatanan yang disyaratkan untuk dilaksanakan yakni  pemukiman, sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gizi, pariwisata sehat dan lalu lintas tertib serta pelayanan transportasi.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dalam sambutannya mengatakan, pemerintah saat ini sedang fokus pada dua hal yakni stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Sedangkan Mendagri Tito Karnavian menyorot masalah bonus demografi, yang menurutnya, besarnya jumlah angkatan kerja, jika tidak segera diatasi akan menaikkan angka pengangguran.

Sementara Bupati Royke Roring menyatakan, penghargaan ini dapat terus memotivasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa untuk terus meningkatkan pola hidup sehat dan upaya – upaya untuk menunjangnya.

“Penghargaan ini bukan sekedar prestise bagi kita tapi lebih dari itu harus jadi penyemangat untuk terus meningkatkan hal – hal baik yang sudah dilakukan selama ini di bidang kesehatan khususnya,” kata Roring.

Bupati Minahasa ini pada kesempatan tersebut mengenakan pakaian adat khas Minahasa, turut didampingi langsung Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan,MKes yang juga Sekretaris Tim Pembina Kabupaten Sehat.

Menurut Maya, dia menyatakan terima kasih kepada semua pihak terkait terutama Forum Kabupaten Sehat yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang sudah mendukung sehingga penghargaan yang menjadi kebanggaan bersama pemerintah dan masyarakat Minahasa boleh diraih.

Turut hadir mendampingi Bupati Royke Roring dalam hajatan penerimaan penghargaan Swasti Saba kabupaten sehat; antaranya Kepala bagian humas protokol Setdakab Minahasa Maya Kainde, serta jajaran Dinas Kesehatan kabupaten Minahasa.(herdy mendur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *