oleh

dr Sumenda: Pengidap HIV Tidak Perlu Malu Berobat

MANADO, mejahijau.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado mengimbau warga yang terindikasi terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) tidak malu memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit secara rutin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Sumenda Marthen, menyikapi belum sepenuhnya warga pengidap virus mematikan itu, menyadari betapa pentingnya pemeriksaan kesehatan secara dini.

Sementara di sisi lain, Sumenda memastikan terus melakukan pelayanan maksimal terhadap siapa saja yang terindikasi terjangkit penyakit tersebut. Menurut dia, penderita HIV bias melakukan pemeriksaan di Puskesmas di mana saja, tanpa harus malu.

Baca juga:  Sumenda Buka Penerimaan Mahasiswa FKM Magang

“Setiap warga yang dinyatakan positif aka nada pendampingan layanan kesehatan. Salah satunya dengan pemberian obat Antiretroviral (ARV) yang harus dikonsumsi oleh pengidap. ARV sifatnya sama seperti obat lain yang biasa diminum jika sakit. Sedangkan fungsinya untuk menekan pertumbuhan virus,” katanya.

Meski begitu kata dia, yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan iman dan taqwa serta spiritual seseorang. Menurutnya, makin dekat hubungan dengan Tuhan dapat menjauhkan seseorang dari risiko penyakit tersebut.

Baca juga:  Delis-Djira Buktikan Doa Mampu Kalahkan Kekuatan Duit

“Paling banyak seseorang terjangkit virus HIV diakibatkan karena hubungan badan dengan pasangan tidak resmi. Kalau sudah berisiko sebaiknya langsung memeriksakan diri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” imbau dia.

Sekadar diketahui, jumlah pengidap HIV di Kota Manado telah mencapai 1.500 penderita, dan jika dibiarkan dapat terus bertambah. Hal itu disebabkan pada kesadaran diri dan pribadi seseorang khususnya yang memiliki prilaku penyimpangan.(arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed