oleh

Warga Manado Diimbau Waspada DBD

MANADO, mejahijau.com – Warga Kota Manado diimbau waspada terhadap penyakit demam berdarah dan malaria menjelang musim penghujan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Ivan Sumenda kepada wartawan, Senin, 03 Oktober 2019.

Menurutnya, salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya penyakit, yakni rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat, penyakit DBD muncul karena banyaknya tempat nyamuk berkembang biak yang biasa terjadi pada musim penghujan.

Baca juga:  Antikorupsi Endus Aroma Korupsi Proyek IPAL Banderol 60-an Miliar

“Populasi nyamuk selalu meningkat saat musim penghujan. Penyebab demam berdarah berasal dari nyamuk Aedes Aegypti dan penyebab malaria dari nyamuk anopheles,” kata Sumenda di ruang kerjanya.

Dirinya mengimbau supaya masyarakat selalu waspada peningkatan populasi nyamuk berbahaya yang dapat mengancam kehidupan manusia. Antara musim panas ke penghujan tetap diwaspadai yang berkaitan dengan jentik nyamuk.

Sumenda menuturkan, jangan pernah bosan membersihkan tempat penampungan air, mengubur dan atau mendaur ulang sampah plastik dan barang bekas berpotensi berkembang biaknya nyamuk dan menutup rapat tempat penampungan air.

Baca juga:  Sahabat CEP Bagikan Sembako dan Masker kepada Pengendara Bentor Kotamobagu

“Masyarakat harus terus waspada peningkatan populasi nyamuk berbahaya yang dapat mengancam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan pasti terus terjaga. Wadah dan tempat bergenangnya air harus dimusnahkan supaya tidak menjadi sarang nyamuk demi keselamatan anak cucu kita,” pungkas Kadis Kesehatan Manado ini.(arya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed